10 Kebiasaan Baik untuk Melawan Peradangan, Makan Ikan Berlemak dan Minum Teh Jahe

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi teh jahe. Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi teh jahe. Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Meskipun Anda tidak selalu dapat melihat atau merasakannya, peradangan atau inflamasi kronis dapat secara perlahan merusak tubuh Anda. Jika dibiarkan, bahkan dapat menyebabkan penyakit kronis dan penuaan dini. Namun ada beberapa kebiasaan baik untuk melawan peradangan yang bisa dilakukan setiap hari. Apa saja itu? Mari kita telusuri bersama, Sahabat Cantika.

1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Mengabaikan kebersihan mulut Anda dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh dan berpotensi berperan dalam memulai kondisi sistemik yang serius.

"Kesehatan mulut yang buruk dikaitkan dengan penyakit kronis seperti Alzheimer, rheumatoid arthritis, diabetes, dan penyakit jantung," kata Leslie Langevin, ahli diet bersertifikat sekaligus penulis dan salah satu pemilik Whole Health Nutrition, dikutip dari LiveStrong, Selasa, 15 Agustus 2023.

Menyikat gigi, membersihkan gigi setiap hari, dan mengurangi asupan gula dapat membantu mengurangi peradangan sistemik yang dimulai di mulut, kata Langevin.

2. Menggunakan Rempah-rempah dalam Makanan

Menaburkan rempah-rempah ke dalam makanan Anda adalah cara sederhana, namun efektif untuk mencegah peradangan.

"Banyak bumbu mengandung senyawa kuat yang dapat berinteraksi dengan jalur kimia dalam tubuh yang terkait dengan peradangan," kata Susie Polgreen, ahli diet, kandidat doktor, dan rekanan dari Whole Health Nutrition.

Beberapa rempah yang paling banyak diteliti yang juga termasuk favoritnya adalah kunyit, jahe, dan kayu manis. Menurut dia, seperempat sendok rempah-rempah tersebut bermanfaat anti-inflamasi.

"Saya suka menambahkan kunyit dan jahe ke piring nasi, kayu manis ke oat dan teh, dan membuat smoothie dengan ketiganya untuk suguhan pembangkit nutrisi," katanya.

3. Minum Teh Jahe

"Karena saya memiliki gangguan peradangan, saya memiliki beberapa gejala peradangan kronis seperti rasa sakit dan kaku," kata Langevin. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat kambuh, dia minum teh jahe anti-inflamasi.

"Jahe adalah salah satu pereda peradangan favorit saya bersama dengan blueberry liar [kaya antioksidan] dan herba hijau," katanya. Plus, jahe juga merupakan bantuan pencernaan yang bagus.

4. Makan Makanan Fermentasi

"Semakin banyak penelitian telah menunjukkan hubungan antara mikrobioma usus kita (alias triliunan mikroorganisme yang terkandung dalam saluran pencernaan) dan respons inflamasi," kata Polgreen.

Jadi, untuk mencegah peradangan, pastikan usus Anda dalam kondisi yang baik. "Salah satu komponen inti dari usus yang sehat adalah bakteri menguntungkan hidup yang disebut probiotik yang secara alami dapat ditemukan dalam makanan fermentasi seperti yogurt, sauerkraut, kimchi, tempe, miso, kombucha, dan kefir," kata Polgreen.

Makan makanan fermentasi yang mengandung probiotik setiap hari adalah salah satu kebiasaan baik melawan peradangan.

5. Prioritaskan Prebiotik

Prebiotik, sejenis serat yang berfungsi sebagai makanan untuk probiotik, juga dapat berperan dalam mengurangi peradangan, kata Gina Rancourt, ahli diet dan rekanan di Whole Health Nutrition.

"Anda mungkin sudah memasukkan prebiotik ke dalam makanan Anda jika Anda berfokus pada makanan berserat tinggi seperti buah-buahan dan sayuran," kata Rancourt.

Untuk prebiotik yang sangat kuat, pilih produk seperti bawang putih, daun bawang, bawang merah, asparagus, artichoke Yerusalem, pisang, dan ubi jalar, tambahnya.

Berikutnya, makan ikan berlemak hingga membatasi penggunaan minyak olahan termasuk kebiasaan baik untuk melawan peradangan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."