Detail Gaya Iriana Jokowi saat Terima Bintang Adipradana di Istana, Berkebaya dan Pakai Anting Mutiara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ibu Iriana Joko Widodo bersma Ibu Wury Maaruf Amin sebelum menerima tanda kehormatan Republik Indonesia dalam upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Senin 14 Agustus 2023. TEMPO/Subekti.

Ibu Iriana Joko Widodo bersma Ibu Wury Maaruf Amin sebelum menerima tanda kehormatan Republik Indonesia dalam upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Senin 14 Agustus 2023. TEMPO/Subekti.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ibu Negara, Iriana Joko Widodo atau Jokowi menerima Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Adipradana di Istana Negara pada hari ini, Senin, 14 Agustus 2023. Bintang Adipradana diberikan untuk menghargai orang-orang yang secara luar biasa menjaga keutuhan maupun berjasa besar kepada Indonesia. Di momen istimewa itu, Iriana Jokowi tampil anggun dalam balutan kebaya kartini panjang berwarna biru gelap.

Kebaya yang dikenakan tampak dihiasi corak bunga warna putih. Dia melengkapi penampilannya dengan selendang serasi kebaya yang disampirkan di lengan kanannya.

Untuk bawahannya, Iriana terlihat memakai kain warna biru gelap. Dia juga mengenakan sandal warna hitam dengan hak rendah.

Untuk aksesorinya, ibu tiga anak itu mengenakan anting mutiara dan gelang model bangle warna emas berdetail mutiara.

Bagaimana dengan riasan dan gaya rambutnya? Tatanan rambut Iriana tampak seperti ciri khasnya di acara kenegaraan lainnya yaitu rambut ditata rapi ke belakang dan sanggul cepol rendah.

Riasannya bergaya simpel dengan menonjolkan lipstik warna fuchsia, yang menjadi warna favoritnya, dan pulasan perona pipi warna merah lembut.

Iriana juga tampak memakai bulu mata palsu yang tipis dan lentik untuk menonjolkan pesona matanya.

Mencium Tangan Presiden Jokowi

Presiden RI Joko Widodo dicium tangannya saat menganugerahkan tanda kehormatan Republik Indonesia kepada Ibu Iriana Joko Widodo dalam upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Senin 14 Agustus 2023. TEMPO/Subekti.

Presiden Jokowi sendiri yang menyematkan bintang penghargaan Adiprana dan selempang kepada istrinya, Iriana. Kala Presiden Jokowi menyematkan bintang Adiprana di bagian atas kiri kebayanya Iriana tampak tersenyum. Sementara wajah Presiden terlihat serius.

Usai prosesi penyematan bintang Adiprana, Iriana langsung mencium tangan Presiden Jokowi. Di momen itu, Ibu Negara terlihat tetap tersenyum, sementara Presiden Jokowi tampak menahan senyuman. Setelah itu, kakek nenek lima cucu itu baru tersenyum lepas ke arah kamera.

Presiden Jokowi Tak Campur Tangan dalam Penganugerahan Bintang Adiprana

Pemberian penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Adipradana tahun ini tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 66/TK/Tahun 2023. Mengingat sang istri salah satu dari tokoh yang menerima penghargaan, Presiden Jokowi menyatakan tidak ikut campur.

"Semuanya diajukan dan atas pertimbangan dari Dewan Gelar dan Tanda Kehormatan," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 14 Agustus 2023.

Sementara itu, Iriana Jokowi menyebut Jokowi tidak pernah memberi tahu soal penghargaan tersebut. Perempuan 59 tahun itu baru tahu mendapat bintang penghargaan tersebut setelah menerima undangan dari panitia. 

Presiden RI Joko Widodo menganugerahkan tanda kehormatan Republik Indonesia kepada Ibu Iriana Joko Widodo dalam upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Senin 14 Agustus 2023. TEMPO/Subekti.

"Kami dapat undangan, saya tanya. Kok ini dapat undangan?" kata Iriana. Meski begitu, ia mengaku tidak kaget atas penghargaan tersebut. "Enggak (kaget), saya enggak pernah kagetan," kata Iriana. 

Selain kepada Iriana, Jokowi juga memberikan Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana kepada istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Wury Estu Handayani. Penghargaan tersebut didasarkan pada Keppres 267/TK/Tahun 2023. Selain Wury, terdapat dua orang lainnya yang turut menerima Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana, yakni Anggota Komisi Yudisial RI Sukma Violetta dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi Saldi Isra.

Pilihan Editor: Gaya Fashion Iriana Jokowi di KTT G20, Tenun Bali dan Kebaya

TEMPO | M. Julnis Firmansyah

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."