Ramai Kasus Pelecehan Seksual pada Anak, Apa yang Bisa Orang Tua Lakukan?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi pelecehan seksual pada anak perempuan. Shutterstock

Ilustrasi pelecehan seksual pada anak perempuan. Shutterstock

IKLAN

Jika sesuatu terjadi pada anak Anda, ingatlah bahwa pelakunya yang harus disalahkan—bukan Anda dan terutama bukan si anak sebagai korban. 

1. Segera lapor pada pihak berwenang

Jika anak Anda dalam bahaya langsung, jangan ragu untuk menghubungi layanan terkait. Jika Anda tidak yakin dengan situasinya tetapi Anda mencurigai anak tersebut sedang disakiti, Anda dapat mengambil langkah untuk mengukur situasi dan mengakhiri pelecehan tersebut.

2. Terlibatlah dalam kehidupan anak

Terlibat secara aktif dalam kehidupan anak dapat membuat tanda-tanda peringatan pelecehan seksual terhadap anak menjadi lebih jelas dan membantu anak merasa lebih nyaman untuk datang kepada Anda jika ada sesuatu yang tidak beres. Jika Anda melihat atau mendengar sesuatu yang menimbulkan kekhawatiran, Anda dapat mengambil tindakan untuk melindungi anak Anda.

3. Tunjukkan minat pada kehidupan sehari-hari mereka

Tanyakan kepada mereka apa yang mereka lakukan sepanjang hari dan dengan siapa mereka melakukannya. Dengan siapa mereka duduk saat makan siang? Permainan apa yang mereka mainkan sepulang sekolah? Apakah mereka menikmati diri mereka sendiri?

4. Kenali orang-orang dalam kehidupan anak Anda

Ketahui dengan siapa anak Anda menghabiskan waktu, termasuk anak-anak lain dan orang dewasa. Tanyakan kepada anak Anda tentang anak-anak yang bersekolah bersama mereka, orang tua dari teman mereka, dan orang lain yang mungkin mereka temui, seperti rekan satu tim atau pelatih. Bicarakan tentang orang-orang ini secara terbuka dan ajukan pertanyaan agar anak Anda merasa nyaman melakukan hal yang sama.

5. Pilih pengasuh dengan hati-hati

Baik itu babysitter, sekolah baru, atau kegiatan setelah sekolah, pantaulah pengasuh untuk anak Anda.

6. Belajar dari kasus serupa lewat media 

Insiden kekerasan seksual sering diliput oleh berita dan ditampilkan dalam acara televisi. Ajukan pertanyaan kepada anak Anda tentang liputan ini untuk memulai percakapan. Pertanyaan seperti, "Pernahkah kamu mendengar hal ini terjadi sebelumnya?" atau "Apa yang akan kamu  lakukan jika Anda berada dalam situasi ini?" dapat memberi isyarat kepada anak Anda bahwa ini adalah masalah penting yang dapat mereka bicarakan dengan Anda. Pelajari lebih lanjut tentang berbicara dengan anak-anak Anda tentang kekerasan seksual.

7. Ketahui tanda-tanda peringatannya

Kenali tanda-tanda peringatan pelecehan seksual anak, dan perhatikan setiap perubahan pada anak Anda, sekecil apa pun. Apakah itu terjadi pada anak Anda atau anak yang Anda kenal, Anda memiliki potensi untuk membuat perbedaan besar dalam kehidupan orang tersebut dengan turun tangan.

Pilihan Editor: Mengetahui Pelecehan Seksual Seperti yang Dialami Putri Pinkan Mambo, Lakukan 8 Langkah Berikut Ini

RAINN 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."