Mengetahui Pelecehan Seksual Seperti yang Dialami Putri Pinkan Mambo, Lakukan 8 Langkah Berikut Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi pelecehan seksual pada anak perempuan. Shutterstock

Ilustrasi pelecehan seksual pada anak perempuan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Putri Pinkan Mambo, MA, mendapatkan dukungan berbagai pihak usai berani mengungkapkan pelecehan seksual yang dilakukan ayah sambungnya. Menurut remaja 17 tahun ini, tragedi itu dilakukan suami kedua Pinkan Mambo.

Hubungan Pinkan Mambo dan Putrinya Tak Dekat

Melalui podcast Bukan Bincang Biasa milik Nadia Alaydrus yang diunggah di Youtube pada Rabu, 26 Juli 2023, MA menyampaikan karena kejadian itu, hubungannya menjadi tak dekat dengan Pinkan. "Untuk hubungannya kurang sih sebenarnya karena aku ada masalah sama dia," tuturnya. 

Putri dari penyanyi lagu 'Kekasih Tak Dianggap' itu menuturkan hubungan yang renggang dengan sang ibu diakibatkan kejadian pelecehan seksual itu. "Ada kejadian di dalam keluarga aku, yang membuat aku jadi korban. Jadi korban sama suaminya mami aku, suami yang kedua," ujarnya dengan suara bergetar.

Dilecehkan Ayah Sambung, Pinkan Justru Salahkan MA

MA mengakui kalau kejadian itu terjadi pada 2018 saat dia baru berusia 12 tahun. Saat itu ia baru selesai mandi dan hendak mengambil baju di lemari yang berada di kamar Pinkan. Ia tidak mampu berteriak minta tolong dan kejadian berulang selama 5 bulan. "Aku sudah enggak sanggup lagi sih dan memutuskan untuk bilang ke mami. Pas bilang ke mami reaksinya antara kayak percaya dan enggak percaya," ujarnya.

Gadis kelahiran 2006 itu menyampaikan kalau ibunya sengaja menutupi cerita itu di media dan membuat M harus melindungi dirinya sendiri. "Selama tahun-tahun ini kan aku sudah tutupin ya dan ada kejadian juga ketika mami sudah kasih aku too much pressure, dia kayak salahin aku atas kejadiannya. "

Menurut MA, mantan personel duo Ratu itu hanya menegur sang suami dan tidak melakukan tindakan apa pun. Pelecehan dilakukan oleh pelaku setiap pekan selama beberapa tahun baik ketika ada maupun tidak ada Pinkan di rumah.

Tidak Membela Sang Putri di Pengadilan

MA mengungkapkan saat di pengadilan Pinkan menyatakan memilih membela kedua belah pihak. Hal itu membuatnya merasa sakit hati lantaran orang yang seharusnya membelanya bersikap netral. MA mengaku tidak habis pikir karena sang ibu tidak bisa membelanya di rumah sendiri. "Trus ketika aku tanyain lagi (ke mama) dia bilang, 'Hah enggak kok aku ngebelain dua-duanya. Aku fifty fifty.' gitu."

Sebelum maju ke jalur hukum, Pinkan Mambo juga meminta sang putri agar  tidak menceritakan kejadian tersebut kepada ayah kandungnya karena Ia tahu kasus ini akan diperkarakan. Permintaan itu tidak digubrik MA dan ia memutuskan untuk meminta pertolongan ayahnya. Kini, MA memilih untuk tinggal bersama ayah kandungnya karena sudah tidak merasa aman untuk tinggal satu rumah dengan sang ibu.

Bila Menemukan Kasus yang Sama, Lakukan Langkah Berikut Ini 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."