6 Menu Sarapan yang Bisa Memicu Peradangan, Tinggi Gula dan Lemak Jenuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi donat (Pixabay.com)

Ilustrasi donat (Pixabay.com)

IKLAN

4. Bacon dan Sosis

Memang rasanya enak, tetapi sarapan daging seperti bacon dan sosis memberikan sedikit manfaat bagi tubuh Anda. Faktanya, makanan olahan pro-inflamasi ini, yang tinggi lemak jenuhnya, dapat membahayakan kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Meta-analisis April 2016 di Public Health Nutrition mengamati bahwa orang yang makan lebih banyak daging merah dan daging olahan memiliki risiko kematian yang lebih besar terkait masalah kardiovaskular dan kanker. Dan penelitian telah menunjukkan bahwa penyakit ini, antara lain, terkait dengan peradangan kronis.

Jika Anda seorang pecinta bacon atau penggemar sosis, Langevin merekomendasikan untuk mencoba alternatif daging sarapan nabati. Pastikan Anda memilih merek yang mengandung bahan makanan utuh dan rendah sodium.

5. Kopi Tinggi Gula

Kopi campuran sering dijejali gula, yang memicu peradangan di tubuh Anda, kata Langevin. Ketika Anda mengonsumsi gula berlebihan, tubuh Anda melepaskan insulin, berusaha menyimpan kelebihan gula di sel lemak Anda, menurut Clinic Cleveland. Walhasil, bisa menyebabkan penambahan berat badan dan/atau resistensi insulin, yang dapat menyebabkan kondisi metabolisme yang lebih serius.

"Cobalah untuk mengoptimalkan kopi Anda dengan susu nabati yang tidak diberi pemanis atau tambahkan sedikit sirup maple atau stevia sebagai pemanis untuk membantu mengurangi lonjakan gula darah," kata Langevin.

Setetes ekstrak vanila atau taburan kayu manis adalah cara terbaik untuk meningkatkan rasa tanpa gula.

6. Kentang Goreng

"Kentang goreng adalah suguhan yang baik ketika disantap sesekali, tetapi kentang putih tinggi indeks glikemik, dan ketika digoreng dengan minyak sayur, ini dapat meningkatkan peradangan," kata Langevin.

Tingkat peradangan yang lebih tinggi juga dapat meningkatkan hormon stres, sehingga membuatnya lebih sulit untuk menurunkan berat badan. Peradangan juga dapat menyebabkan resistensi leptin, yang terjadi ketika tubuh Anda tidak dapat mendengarkan isyarat kenyang secara akurat, menyebabkan Anda makan lebih banyak, Langevin menjelaskan.

Untuk kentang goreng rumahan antiperadangan yang lebih sehat, campurkan kentang putih dengan ubi jalar dan tumis dalam wajan dengan minyak zaitun ekstra ringan atau minyak alpukat di atas api sedang dengan bawang putih dan rempah-rempah, saran Langevin.

Pilihan Editor: 5 Ide Sarapan untuk Cegah Peradangan, Smoothie hingga Telur dan Sayuran

LIVESTRONG

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."