Rutinitas Perawatan Kulit Berminyak, Simpel Cuma 4 Langkah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan dengan kulit berminyak di daerah T, dan kulit kering di pipi dan bibir. shutterstock.com

Ilustrasi perempuan dengan kulit berminyak di daerah T, dan kulit kering di pipi dan bibir. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kunci rutinitas perawatan kulit berminyak adalah mengurangi minyak dan mencegah jerawat. Oleh karena itu, pemilik kulit berminyak diimbau menggunakan produk yang non-komedogenik dan batasi penggunaan minyak berat, menurut kata Shani Darden, pendiri Shani Darden Skin Care.

Sejenak menyegarkan ingatan kembali, kulit berminyak ditandai dengan produksi minyak yang berlebih dan biasanya rentan berjerawat. Produksi minyak berlebih biasanya terjadi di T-Zone, meskipun tidak terbatas pada area ini. 

Lantas, seperti apa urutan rutinitas perawatan kulit berminyak? Berikut empat langkah yang simpel dan mudah diikuti.

1. Membersihkan Wajah dengan Pembersih Asam Salisilat/Benzoil Peroksida

Semua perawatan kecantikan yang hebat dimulai dengan pembersih. Untuk pembersih wajah kulit berminyak yang baik, carilah produk yang diformulasikan dengan asam salisilat atau benzoil peroksida. Ini adalah dua bahan eksfoliasi yang ampuh untuk membantu membersihkan pori-pori, menghilangkan minyak berlebih, dan mencegah munculnya jerawat baru.

Anda juga sebaiknya memilih pembersih dengan bahan-bahan yang menghidrasi untuk menghindari hilangnya kelembapan esensial kulit Anda.

2. Oleskan Serum

Kesalahan umum yang dilakukan orang dengan kulit berminyak adalah berlebihan dengan penggunaan bahan aktif. Menggunakan terlalu banyak produk asam salisilat, misalnya, dapat membuat kulit Anda menjadi kering.

Alih-alih menggunakan serum atau krim pembasmi jerawat yang kuat di seluruh wajah, cobalah memilih serum yang melembapkan untuk memulihkan kulit Anda, baru kemudian obati setiap jerawat. Setelah Anda membersihkan kulit, Anda bisa memakai toner. Toner terbaik untuk kulit berminyak biasanya memiliki AHA atau BHA untuk melarutkan minyak dan menghidrasi untuk mengembalikan kelembapan kulit.

3. Hidrasi Dengan Pelembap

Adalah mitos bahwa pemilik kulit berminyak tidak perlu menggunakan pelembap, pelembap penting dalam menjaga pelindung kulit yang sehat. Anda hanya perlu menemukan formula yang tepat.

"Daripada pelembap yang lebih berat, coba gunakan serum asam hialuronat untuk menghidrasi kulit secara mendalam," kata Darden. Atau cobalah formula berbasis gel yang ringan, cari opsi yang berlabel "nonkomedogenik".

4. Lindungi Kulit dengan Tabir Surya

Last but not least, jika Anda melakukan rutinitas perawatan kulit di pagi hari, melindungi kulit dengan pemakaian tabir surya adalah kewajiban. Carilah tabir surya nonkomedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori atau mengiritasi kulit Anda yang cenderung berjerawat.

Pilihan Editor: 4 Bahan Skincare yang Wajib Dihindari Kulit Berminyak

AN NISA RISTIANTI | POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."