Tips Double Cleansing untuk Kulit Berminyak ataupun Berjerawat

Ilustrasi perempuan dengan kulit berminyak di daerah T, dan kulit kering di pipi dan bibir. shutterstock.com

kecantikan

Tips Double Cleansing untuk Kulit Berminyak ataupun Berjerawat

Jumat, 25 Maret 2022 05:07 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Pembersihan ganda atau double cleansing ialah metode membersihkan wajah secara menyeluruh dengan dua tahap. Mengapa Anda perlu melakukan double cleansing? Pembersih berbasis minyak dirancang untuk menghilangkan kotoran berbasis minyak, termasuk riasan, tabir surya, sebum, dan polusi.

Dengan menyingkirkan kotoran tersebut, pembersih berbasis air benar-benar dapat bekerja dengan baik ke dalam kulit untuk menghilangkan kotoran dan keringat.

Double cleansing tidak hanya dimaksudkan untuk membersihkan kulit wajah secara lebih menyeluruh, tetapi juga dapat merevitalisasi kulit kusam dan memungkinkan produk perawatan kulit lainnya meresap lebih efektif.

Amankah double cleansing untuk setiap jenis kulit wajah. Jawabannya iya, asalkan menggunakan produk yang sesuai jenis kulit. Simak kiat berikut

Jika Anda memiliki kulit normal

Jenis kulit normal tidak perlu khawatir tentang masalah tertentu, meskipun tetap yang terbaik adalah memilih produk dengan kandungan pelembap atau krim.

Jika Anda memiliki kulit kering atau sensitif

Apa pun produknya, orang dengan kulit kering atau sensitif harus selalu mencari formula yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi.

Tingkat pH netral dapat membantu memastikan kulit tidak mengering lebih jauh, dan bahan-bahan seperti minyak jojoba dan shea butter dapat membantu hidrasi.

Jika Anda memiliki kulit berminyak atau berjerawat

Tetap gunakan pembersih ringan yang dirancang untuk mengatur produksi minyak. Khusus untuk jerawat, berikan perhatian khusus pada produk yang mengandung bahan anti-inflamasi seperti vitamin E dan asam glikolat, serta asam polihidroksi penangkal komedo.

Jika Anda memiliki kulit kombinasi

Orang dengan jenis kulit kombinasi perlu mencari pembersih yang akan menghindari sifat berminyak, tetapi tidak membuat kulit terasa kering.

Pilih pembersih berbahan dasar minyak yang mengandung ceramide yang melembapkan, diikuti dengan pembersih berbusa yang menyegarkan.

Perlu diingat, usai double cleansing, Anda harus mengunci kelembapan sebelum melanjutkan dengan sisa perawatan kulit Anda. Di pagi hari, aplikasikan pelembap dan tabir surya berkualitas baik. Pada malam hari, pilih antara serum, minyak, dan krim malam yang menghidrasi, atau kombinasi.

Apakah mungkin double cleansing memicu masalah kulit?

Ya, dan itu mudah terlihat, karena kulit cenderung menunjukkan tanda-tanda kekeringan atau iritasi.

Namun, dengan pembersih dan teknik yang tepat, double cleansing seharusnya tidak membahayakan kulit.

Pastikan Anda memijat kulit dengan lembut, bukan menggosoknya dengan kasar, dan tetap menggunakan pembersihan ganda malam hari jika Anda merasa dua kali sehari terlalu banyak.

Jenis kulit tertentu harus memperhatikan tanda-tanda double cleansing yang berlebihan. Pemilik kulit kering jelas akan mengalami kondisi kering lebih parah, begitu pula jenis kulit berminyak mungkin melihat kulit mereka menjadi lebih berminyak dan lebih rentan terhadap jerawat. Peradangan dapat terjadi pada mereka yang memiliki jerawat.

Baca juga: A to Z Double Cleansing, dari Manfaat hingga Cara Tepat Membersihkannnya