Dokter Bedah Plastik Ungkap Perbedaan Pasien Indonesia dan Pasien Korea

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi operasi plastik. Shutterstock

Ilustrasi operasi plastik. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada sederet perbedaan pasien Indonesia dan pasien Korea terkait operasi plastik atau plastic surgery yang diungkap dokter Song Hyungmin. Dokter bedah plastik yang praktik di Gangnam, Korea Selatan, itu mengatakan bahwa pasien Indonesia tak menutupi telah menjalani bedah plastik, pasien Korea sebaliknya. Mereka tak ingin hasil bedahnya terlalu kentara telah menjalani operasi plastik.

"Kalau pasien Korea maunya terlihat (hasil bedah kosmetik) ini orang operasi atau enggak, ya. cantik tapi membuat orang bertanya ini orang operasi atau enggak. (Sementara) kalau pasien Indonesia jika hasil akhirnya cantik, mereka tidak ragu-ragu untuk mengatakan bahwa saya telah operasi dan hasilnya baik sekali," jelas Dr. Song di Jakarta pada Jumat, 4 Agustus 2023.

Dokter Song juga mengatakan pasien Indonesia lebih rela wajahnya terlihat bengkak pasca-operasi ketimbang pasien Korea

"Ada perbedaan pasien Korea dan Indonesia. Kalau pasien Korea itu lebih milih gak mau terlalu bengkak atau 'saya ga mau ada memar, ya, ataupun saya mau cepat pulih gimana, dok'. Tapi berbeda dengan pasien Indonesia, 'gapapa dok, saya memar, bengkak, yang penting hasilnya pasti sekaligus semua'," imbuhnya.

Berdasarkan pengalaman belasan tahun berpraktik, dokter Song juga memperhatikan pasien Indonesia menyukai hasil bedah plastik yang terkesan mewah dan sempurna.

"Juga mereka ingin menunjukkan di wajah terkesan mewah. Contohnya untuk mata, maunya diperbesar dan tegas. Termasuk bagian hidung, maunya benar-benar perfect dan sempurna, benar-benar mantap sekali. Itu perbedaan yang amati selama menangani pasien dari Indonesia dan Korea," jelas dokter yang sudah berpraktik selama belasan tahun itu.

Pertanyaan yang Kerap Diajukan Pasien Indonesia

Dokter Song Hyungmin mengungkapkan pasien Indonesia kerap melakukan bedah plastik di area mata, hidung, bibir, dan payudara. Menariknya, sebelum memutuskan area yang ingin dibedah, kebanyakan pasien Indonesia menanyakan apa yang harus dilakukan untuk lebih cantik.

"Semua pasien Indonesia yang datang ke saya bertanya satu hal, 'saya harus melakukan apa ya dok supaya terlihat keliatan lebih cantik', itu pertanyaan pertamanya," jelas dokter Song.

Mendengar pertanyaan itu, dokter Song menanggapi dengan jawaban yang membuat pasien semakin mencintai pesona dirinya.

"Jawaban saya tidak muluk-muluk, saya ingin menonjolkan keunikan masing-masing dari tiap pasien," ucapnya.

Adapun ketika sudah memutuskan area yang ingin dibedah, pasien Indonesia memberikan kepercayaan penuh kepada dokter. "Kepercayaan dan keyakinan mereka pada dokter sangat luar biasa. Mereka percaya sepenuhnya. dan kami percayakan tenaga dan ilmu kami untuk mereka juga," tegasnya.

Pilihan Editor: Cerita Dokter Bedah Plastik Korea Menangani Pasien Indonesia: Sangat Menyadari Nilai Kecantikan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."