Cerita Dokter Bedah Plastik Korea Menangani Pasien Indonesia: Sangat Menyadari Nilai Kecantikan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(ketiga dari kiri) Dr. Song Hyungmin dalam acara konferensi pers peluncuran Klink New Look by Dr. Song Hyungmin di Jakarta, pada Jumat, 4 Agustus 2023, di Hotel Mulia, Jakarta Selatan. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

(ketiga dari kiri) Dr. Song Hyungmin dalam acara konferensi pers peluncuran Klink New Look by Dr. Song Hyungmin di Jakarta, pada Jumat, 4 Agustus 2023, di Hotel Mulia, Jakarta Selatan. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seperti kita ketahui bersama Korea Selatan adalah salah satu negara tujuan masyarakat Indonesia terutama perempuan untuk melakukan operasi plastik alias oplas. Faktanya, pasien Indonesia memilih oplas di Korea Selatan sudah mengetahui apa yang mereka inginkan saat menemui dokter. Hal tersebut diungkapkan oleh dokter bedah plastik yang berpraktik di Gangnam, Korea Selatan, Song Hyungmin. Dr. Song Hyungmin diketahui sudah berpraktik selama 15 tahun.

"Menurut pengalaman saya, pasien Indonesia sangat ramah dan juga ceria. Salah satu aspek yang terlihat jelas dari pasien Indonesia adalah memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang mereka inginkan dari bedah kosmetik atau plastic surgery," ujar dokter Song dalam konferensi pers peluncuran New Look by Dr. Song Hyungmin di Jakarta, Jumat, 4 Agustus 2023.

"Mereka sangat menyadari nilai kecantikan dan memiliki keinginan yang kuat untuk mempercantik penampilan mereka. Dan juga terlihat cantik dan awet muda adalah kebanggaan bagi mereka," sambungnya.

Selain itu, lanjut dokter Song, pasien Indonesia juga sudah memahami betul soal downtime atau waktu pemulihan pasca-operasi. Pasien Indonesia rela wajahnya terlihat bengkak pasca-operasi.

"Ada perbedaan pasien Korea dan Indonesia. Kalau pasien Korea itu lebih milih gak mau terlalu bengkak atau saya ga mau ada memar, ya, ataupun saya mau cepat pulih gimana, dok. Tapi berbeda dengan pasien Indonesia, gapapa dok, saya memar, bengkak, yang penting hasilnya pasti sekaligus semua," 

Mengingat perbedaan tersebut, cara operasi pasien Indonesia dan Korea tidak sama.

"Cara operasinya agak berbeda. Mungkin pasien Indonesia menginginkan beres semuanya, jadi mungkin pembedahannya lebih dalam. Itu salah satu cara yang saya lakukan," jelas dokter yang sudah menangani 3000 pasien itu.

Wajah Influencer jadi Inspirasi Pasien untuk Oplas

Mengingat dokter Song berasal dari Korea Selatan, lalu timbul pertanyaan apakah idola K-Pop banyak menginspirasi para pasien. Ternyata ada pergeseran menurutnya. Dulu penampilan aktris dan idola K-pop digemari, kini wajah pemengaruh atau influencer juga kian diminati pasiennya.

"Semuanya serentak bilang saya mau dong hidungnya seperti Song Hye Kyo (aktris) ataupun beberapa belakangan ini, saya mau dong matanya seperti Jennie Blackpink. Tapi belakangan ini justru orang bawa fotonya influencer atau selebgram. Saya juga baru lihat ini siapa ya, saya seperti itu. Itu perbedaannya," jelasn dokter Song.

Klinik New Look by Dr. Song Hyungmin

Bicara soal New Look by Dr. Song Hyungmin, klinik kecantikan ini hadir di dua tempat sekaligus di Jakarta, yakni Pakubuwono dan Pantai Indah Kapuk. Di tahun ini, New Look masih fokus pada perawatan pasca-operasi dan perawatan lainnya. Yang membedakan klinik ini dari klinik kecantikan lainnya adalah para dokter di sana sudah mengikuti pelatihan di klink Dr. Song Hyungmin di Gangnam, Korea Selatan. Jadi, perawatan yang diberikan di New Look by Dr. Song Hyungmin sama dengan klinik dokter song di Korea Selatan.

Pilihan Editor: 5 Pilihan Klinik Kecantikan dengan Perawatan Khusus di Indonesia

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."