Gaya Iriana Jokowi dalam Balutan Kebaya Encim Betawi di Istana Berkebaya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Iriana Jokowi tampil berkebaya encim saat membuka Istana Berkebaya, Minggu, 8 Agustus 2023/Foto: Instagram/Jokowi

Iriana Jokowi tampil berkebaya encim saat membuka Istana Berkebaya, Minggu, 8 Agustus 2023/Foto: Instagram/Jokowi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo membuka acara Istana Berkebaya yang digelar di jalan depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada Ahad sore, 6 Agustus 2023. 

Presiden tampak mengenakan baju sadariah berkelir hitam dengan kain selempang hijau bermotif ondel-ondel, sedangkan Iriana mengenakan kebaya encim khas Betawi berwarna merah dengan aksen bordir warna keemasan. Iriana Jokowi memadukannya dengan kain warna senadan yang dilipit bagian kiri, tak lupa selendang warna merah disematkan ke rambut naturalnya. 

"Sebelum acara dimulai, izin Pak Jokowi saya mau berpantun, bunga menur bunga raflesia, mekar sekuntum merah merona, citra luhur wanita indonesia, pribadi anggun dengan kebaya," ujar Iriana sambil didampingi Jokowi saat membuka acara tersebut. 

Membalas pantun istrinya, Jokowi menyebut kebaya melambangkan karakter masyarakat Indoensia yang anggun, lemah lembut, sopan, dan bersahaja. Keduanya kemudian secara kompak membuka acara tersebut. 

"Dengan mengucap bismillahirohmanirohim, Istana berkebaya saya nyatakan dibuka. Terima kasih," kata Jokowi dengan Iriana berbarengan. 

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kanan), Wapres Ma'ruf Amin (kedua kiri) dan istri Wury Ma'ruf Amin melihat penampilan model memperagakan busana kebaya dalam acara Istana Berkebaya di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu 6 Agsutus 2023. Peragaan busana kebaya encim dari Betawi yang diinisiasi oleh Pemprov DKI Jakarta tersebut diikuti oleh 401 peserta dari para menteri perempuan di Kabinet Indonesia Maju (KIM), istri menteri yang tergabung dalam anggota OASE KIM, duta besar negara sahabat, hingga masyarakat. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Menurut Jokowi di laman Instagramnya, kebaya melambangkan karakter masyarakat Indonesia yang anggun, lemah lembut, sopan dan bersahaja.

Istana Berkebaya dibuka dengan pertunjukan tari kolosal Puspawarni Langgeng Jakarta, lalu peragaan busana kebaya oleh anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju, para menteri dan wakil menteri wanita, para duta besar negara sahabat, para None Jakarta dan Putri Indonesia, Komunitas Wanita Berkebaya, jurnalis wanita hingga siswi-siswi SMK.

Peragaan busana kebaya digelar di catwalk sepanjang 200 meter, diiringi lagu-lagu daerah Betawi, musik keroncong, hingga lagu-lagu yang dibawakan penyanyi Bunga Citra Lestari.

Menkeu Sri Mulyani (kanan), Menteri PPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga (kedua kanan), Menaker Ida Fauziyah (tengah), Anggota Wantimpres Putri Kuswisnu Wardani (kedua kiri) dan Wamen Parekraf Angela Tanoesoedibjo tampil dalam acara Istana Berkebaya di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu 6 Agustus 2023. Peragaan busana kebaya encim dari Betawi yang diinisiasi oleh Pemprov DKI Jakarta tersebut diikuti oleh 401 peserta dari para menteri perempuan di Kabinet Indonesia Maju (KIM), istri menteri yang tergabung dalam anggota OASE KIM, duta besar negara sahabat, hingga masyarakat. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Dalam acara tersebut turut hadir Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju. Mereka antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menhub Budi Karya Sumadi, Menlu Retno Marsudi, Menkeu Sri Mulyani, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo, Mentan Syahrul Yasin Limpo. 

Kemudian Mendag Zulkifli Hasan, Menpora Dito Ariotedjo, Mendikbud Nadiem Makarim, Menko Polhukam Mahfud Md, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Menkominfo Budi Arie Setiadi, dan Menhan Prabowo Subianto

Pilihan Editor: 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."