Hindari 8 Kesalahan Ini saat Pakai Retinol

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai serum kulit. Freepik.com

Ilustrasi wanita memakai serum kulit. Freepik.com

IKLAN

5. Menggunakan Retinol Terlalu Banyak

Ingatlah, retinol bekerja paling baik jika digunakan dengan hemat, dan menggunakan terlalu banyak tidak akan membuatnya bekerja lebih cepat. Faktanya, terlalu banyak retinol hanya meningkatkan kemungkinan iritasi dan kekeringan parah. Sebagai gantinya, gunakan produk seukuran kacang polong untuk seluruh wajah.

6. Memakai Retinol Terlalu Sering

Seperti menerapkan terlalu banyak produk, menerapkan retinol terlalu sering langsung hanyalah jalan menuju iritasi dan kerusakan penghalang. Untuk memulai, dokter kulit biasanya menyarankan untuk menggunakan retinol hanya dua atau tiga kali per minggu, teruskan hingga dua malam sekali saat kulit Anda menyesuaikan diri.

7. Tidak Menggunakan Retinol Secara Konsisten

Anda mungkin tergoda untuk mengambil cuti beberapa minggu dari retinol selama tahap pembersihan. Lagi pula, semua pengelupasan, kekeringan, sesak, dan peningkatan jerawat itu pasti berarti produknya tidak berfungsi, bukan? Itu tidak tepat.

Sayangnya, retinol seringkali membuat kulit menjadi lebih buruk sebelum menjadi lebih baik. Dan, jika Anda mengambil cuti beberapa minggu dan memulai lagi, pada dasarnya Anda mengatur ulang seluruh proses dari awal lagi. 

8. Menggunakan Jenis Retinol yang Tak Sesuai dengan Masalah Kulit 

Tidak semua retinol diciptakan sama. Kekuatan, formulasi, bahan, dan efek yang diinginkan bervariasi dari satu produk ke produk lainnya. Misalnya, formula dengan retinol enkapsulasi cenderung lebih lembut daripada iterasi tradisional karena memiliki mekanisme pelepasan lambat yang meminimalkan kemungkinan iritasi.

Penting juga untuk memulai dengan formula dengan persentase yang lebih rendah—pemula akan menoleransi formula 0,3% jauh lebih baik daripada formula 1%. Direkomendasikan pula untuk berbicara dengan dokter kulit Anda untuk menemukan retinol yang tepat untuk Anda, baik itu formula atau resep yang dijual bebas. Jika ragu, pilih formula enkapsulasi persentase rendah untuk memulai.

Pilihan Editor: Apa Itu Retinol? Ketahui Fungsi, Manfaat, dan Efek Sampingnya pada Kulit

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."