Bolehkah Makan Semangka saat Perut Kosong di Pagi Hari?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memegang semangka. shutterstock.com

Ilustrasi wanita memegang semangka. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menghidrasi diri sendiri di pagi hari dapat menjaga keseimbangan elektrolit dan menyuplai energi untuk memulai hari. Buah semangka menjadi salah satu pilihan menu diet sehat saat sarapan. Dengan kandungan air 90%, kaya vitamin dan mineral, buah ini adalah cara yang enak untuk meningkatkan kesehatan Anda. Kandungan serat dan nilai gizinya yang tinggi membuat semangka menjadi buah pilihan teratas untuk dimasukkan ke dalam piring sarapan. Tapi apakah makan semangka saat perut kosong di pagi hari aman untuk semua orang? Jawabannya, tidak semua orang boleh memakan buah ini saat perut kosong.

Siapa yang tidak boleh makan semangka saat perut kosong?

Makan buah saat perut kosong mungkin bermanfaat atau tidak tergantung tipe tubuh dan fungsi hormonal seseorang. Jika seseorang diketahui menunjukkan gejala resistensi leptin atau memiliki resistensi insulin, makan buah saat sarapan mungkin bukan pilihan yang ideal untuk dikonsumsi. 

Sebab hal itu dapat memperparah gejala dan mungkin tidak bermanfaat, tetapi buah dapat dikonsumsi kapan saja sebagai camilan dalam jumlah yang lebih sedikit untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak.

"Karena dalam jangka waktu tertentu, akibat sekresi leptin yang berlebihan dalam tubuh (diproduksi oleh jaringan adiposa), sensitivitas dapat berkurang, menyebabkan intoleransi fruktosa dan karena itu menyebabkan produksi dan penyimpanan lemak yang lebih tinggi dalam tubuh," kata Ahli Gizi asal India Anupama Menon dikutip dari Hindustan Times, Rabu, 2 Agustus 2023.

Makan semangka saat perut kosong di pagi hari juga bisa berbahaya bagi seseorang dengan intoleransi fruktosa dan dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh yang dapat menyebabkan resistensi insulin, kata dokter Menon.

Siapa yang boleh makan semangka saat perut kosong?

Seseorang yang tubuhnya menoleransi buah dengan baik dapat memakannya di pagi hari untuk penyerapan nutrisi yang lebih baik. Kehadiran serat dalam buah saat dikonsumsi sebagai buah utuh dapat membantu pelepasan glukosa secara lebih lambat dan karenanya memiliki indeks glikemik yang lebih rendah. Waktu yang tepat untuk memakan buah sama pentingnya dengan memilih buah itu sendiri, simpul dokter Menon.

Pilihan Editor: Semangka Punya Manfaat Kesehatan Jauh Lebih Banyak dari yang Kamu Kira

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."