Fakta Menarik Gelar Batik Nusantara 2023 yang Resmi Dibuka Presiden Jokowi Hari Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Gelar Batik Nusantara 2023 diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Rabu, 2 Agustus 2023/Foto: Yayasan Batik Indonesia

Gelar Batik Nusantara 2023 diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Rabu, 2 Agustus 2023/Foto: Yayasan Batik Indonesia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Yayasan Batik Indonesia (YBI) dengan bangga mengumumkan
acara besar tahunan mereka, Gelar Batik Nusantara 2023 (GBN 2023), yang berlangsung di Senayan Park, Jakarta, mulai tanggal 2 hingga 6 Agustus 2023. Tema yang diusung pada acara ini adalah "Batik, Bangkit!", sebagai bentuk semangat untuk memajukan industri batik tanah air setelah 3 tahun terdampak pandemi Covid-19. 

Simk fakta menarik Gelar Batik Nusantara 2023 berikut ini: 

1. Dibuka oleh Presiden Jokowi

Gelar Batik Nusantara 2023 diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan dihadiri oleh jajaran Kementerian, serta 25 Duta Besar dari para Negara Sahabat, sebagai bentuk dukungan Pemerintahan terhadap misi YBI untuk melestarikan Batik Indonesia. Jokowi dan Ibu Iriana juga diketahu membeli beberapa produk batik dari UMKM, antara lain sepatu dan kain batik. 

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan jika batik sangat istimewa, tidak hanya karena keindahan, tetapi juga karena makna-makna filosofinya. "Batik adalah wajah kita, batik adalah kehormatan kita yang memberi kehidupan bagi jutaan rakyat kita yang bekerja di sektor ini.

Presiden Jokowi juga menyoroti kenaikan industri batik semakin meningkat setelah masa pandemi. Oleh sebab itu, Jokowi juga mengajak para perajin, desainer, pengusaha, dan pemakai batik agar bereksplorasi dengan warna dan desain. 

Gelar Batik Nusantara 2023 diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Rabu, 2 Agustus 2023/Foto: Instagram/Sekretariat Kabinet

2. Bangkitkan Industri Batik di Indonesia 

YBI ingin membangkitkan lagi Industri Batik Indonesia, dengan memberikan ilustrasi batik tambal pada ikon ragam hias batik yang dipilih dan didalamnya motif batik dari berbagai daerah di Indonesia mencerminkan keragaman keindahan Batik Nusantara.

Pengakuan dari UNESCO melalui akreditasi warisan budaya tak benda (Intangible Cultural
Heritage) No. 90487 kepada YBI sebagai Yayasan non-profit, menegaskan peran YBI di
dalam melestarikan, mengembangkan, dan mempromosikan warisan budaya batik Indonesia secara nasional maupun internasional.

3. Batik Indramayu yang Menarik Hati

Gelar Batik Nusantara (GBN) berlangsung dari 3-6 Agustus 2023 di Senayan Park, Jakarta Selatan/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Salah satu aspek penting bagi perkembangan batik di Indonesia, dengan segala keunikan dan identitas daerah asal, adalah ketika Indonesia telah memiliki sistem penetapan Indikasi Geografis (IG). Indikasi Geografis adalah suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang dan/atau produk yang karena faktor alam, faktor manusia atau kombinasi dari kedua faktor tersebut memberikan reputasi, kualitas, dan karakteristik tertentu pada barang dan/atau produk yang dihasilkan.

Sampai dengan saat ini sistem penetapan IG tersebut telah berhasil menetapkan empat
sertifikat IG Batik, yaitu: Sarung Batik Pekalongan, Batik Nitik Yogyakarta, Batik Besurek
Bengkulu dan Batik tulis Complongan Indramayu.

Ketua pelaksana Gelar Batik Nusantara 2023, Diana Santosa mengatakan GBN 2023 mengangkat keindahan batik tulis Complongan Indramayu sebagai salah satu
jenis batik yang mendapatkan pengakuan Indikasi Geografis. 

“Keindahan motif dan kualitas batik ini menjadi representasi seni dan keahlian budaya yang turun-temurun di wilayah Indramayu, Jawa Barat. Kolaborasi ini diharapkan akan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap batik Indramayu yang mempunyai keunikan tersendiri," ucapnya. 

4. Fashion Show Batik dan Diikuti 250 Booth UMKM Batik 

Gelar Batik Nusantara (GBN) berlangsung dari 3-6 Agustus 2023 di Senayan Park, Jakarta Selatan/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Acara GBN 2023 terbuka untuk umum, serta akan menampilkan lebih dari 250 booth UMKM Batik Indonesia dan juga kuliner Nusantara. Selain itu, acara ini juga akan menyuguhkan berbagai kegiatan menarik, seperti talk show seputar batik, kompetisi batik,sesi high tea dan fashion show oleh 6 designer Indonesia yaitu Didi Budiarjo, Chossy Latu,Wilson William, Hutama Adi, Priyo Octaviano, Ghea Panggabean yang akan mengangkatkaryanya untuk Batik Indramayu.

Pada GBN 2023 juga akan diadakan Charity dan Fund Raising yang bekerja sama dengan
Yayasan Kanker Indonesia dan Pemerintah Daerah Indramayu yang bertujuan untuk
membantu pemberdayaan perempuan dan para penderita Kanker di Indonesia. Terdapat juga Showcasing 2 (dua) unit Vespa Batik dari Piaggio Indonesia yang akan dilelang pada tanggal 18-20 Agustus di acara Art Moments Jakarta.

GBN juga bekerja sama dengan 3 Interior Design Indonesia Agam Riyadi, Anita Boentarman, dan Hardian Thomas mengelola Batik di dalam Home and Living yang bisa menginspirasi masyarakat Indonesia untuk menggunakan Batik sebagai bagian dari interior rumah. Menutup seluruh rangkaian acara GBN 2023, akan diadakan Fun Walk and Run sejauh 5K.

YBI senantiasa mengapresiasi pelaku UMKM Batik Indonesia, hal ini dikuatkan dengan selalu diberikannya penghargaan bagi pelaku UMKM Batik yang peduli terhadap perkembangan Batik Indonesia bernama “Kriya Pusaka”. Tahun ini pun YBI akan memberikan penghargaan tersebut kepada pelaku UMKM Batik Indonesia.

Maka dengan diadakannya GBN 2023 ini, YBI mengajak semua pihak, baik dari dalam negeri maupun internasional, untuk hadir dan berpartisipasi dalam Gelar Batik Nusantara 2023 (GBN 2023). Mari bersama-sama mendukung pelestarian dan kemajuan industri batik Indonesia, serta merayakan kekayaan warisan budaya kita dan akan menjadi wadah untuk memajukan industri batik Indonesia, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keberagaman batik Nusantara, serta mengajak generasi muda untuk mulai mengapresiasi dan memasukkan unsur batik dalam kehidupan sehari-hari. 

Pilihan Editor: GKR Hemas Ingin Batik Bisa Dipakai Lebih Luwes dan Menyasar Anak Muda

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."