Alasan Pentingnya Mengoleskan Serum Vitamin C sebelum Pakai Tabir Surya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memegang tabir surya. Freepik.com/Lifeforstock

Ilustrasi wanita memegang tabir surya. Freepik.com/Lifeforstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita sudah familiar tentang seberapa penting rutin menggunakan tabir surya atau sunscreen setiap hari demi melindungi kulit wajah dari paparan sinar ultraviolet (UV). Tapi ternyata itu saja tidak cukup, butuh serum vitamin C untuk proteksi lebih optimal, menurut pakar kulit. Mengapa demikian? Yuk, kita simak alasan penting mengoleskan serum vitamin C sebelum pakai tabir surya.

Mengapa Perlu Mengoleskan Serum Vitamin C sebelum Pakai Tabir Surya

Tabir surya dan vitamin C membantu melindungi kulit Anda dari sinar UV matahari dengan berbagai cara. Dan manfaatnya bertambah ketika Anda menggabungkannya.

Tabir surya Anda bekerja dengan menyerap atau memantulkan sinar UV. Tetapi tidak ada tabir surya yang 100 persen efektif untuk memblokir sinar UV, kata Elyse Love,  dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York, Amerika Serikat.

"Misalnya, SPF 30 yang diterapkan dengan tepat memblokir sekitar 97 persen sinar matahari, artinya 3 persen sinar matahari berhasil melewati perlindungan dan menyebabkan kerusakan akibat sinar matahari melalui stres oksidatif," katanya, dikutip dari laman Well+Good, 25 Juli 2023.

"Stres oksidatif ini dapat menyebabkan kerusakan DNA (kanker kulit), peningkatan pigmentasi (bintik hitam), pembuluh melebar (kemerahan), dan hilangnya kolagen (garis halus dan kerutan)."

Di situlah vitamin C berperan. Karena merupakan antioksidan, vitamin C dapat membantu menetralkan semua stres oksidatif, menjaga kulit tetap kenyal dan terlindungi.

Faktanya, para peneliti menemukan bahwa tabir surya memblokir hanya 55 persen radikal bebas yang dihasilkan oleh paparan sinar UV, dan dengan menambahkan vitamin C ke dalam campuran, tabir surya mampu mengurangi sengatan matahari hingga 50 persen tambahan, menurut sebuah penelitian di Indian Dermatology Online Journal.

Baca juga: Sederet Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit

Jenis Serum Vitamin C yang Digunakan

Konsentrasi vitamin C dapat membingungkan, karena molekulnya memiliki banyak bentuk dengan berbagai tingkat stabilitas, aktivitas, dan potensi iritasi, kata Dr. Love.

"Asam L-askorbat adalah bentuk aktif vitamin C, dan penelitian menunjukkan bahwa hasilnya sebanding dengan konsentrasi, maksimal 20 persen diserap oleh kulit."

Love merekomendasikan orang yang baru mengenal vitamin C mulai dengan 10 persen asam l-askorbat. Itu merupakan konsentrasi yang terbukti menangkis sejumlah besar radikal bebas dalam studi dalam Indian Dermatology Online Journal. Dan, secara perlahan Anda bisa tingkatkan hingga 20 persen asam l-askorbat sesuai toleransi kulit.

Dan, jika Anda dapat menemukan produk yang juga mengandung vitamin E telah terbukti meningkatkan manfaat antioksidan dari vitamin C, kata Dr. Love.

"Mereka yang memiliki kulit kering dan/atau sensitif harus [mendapatkan] produk vitamin C dengan vitamin E karena vitamin E menyejukkan kulit dan dapat mengurangi beberapa potensi iritasi dengan vitamin C," ujarnya

Cara Menerapkan Serum Vitamin C

Penerapan yang benar adalah kunci sukses untuk memperoleh manfaat secara optimal. Vitamin C biasanya tersedia dalam bentuk serum, jadi sebaiknya dioleskan sebelum pelembap Anda.

Setelah membersihkan kulit Anda, oleskan vitamin C Anda (dan serum lain yang Anda gunakan dari yang paling ringan hingga yang paling kental), lalu pelembap Anda (jika terpisah dari tabir surya), dan terakhir tabir surya.

"Tabir surya harus selalu digunakan sebagai langkah terakhir dari rutinitas perawatan kulit," kata Dr. Love. "Dan tidak perlu menunggu di antara aplikasi."

Untuk tabir surya, selalu cari produk yang menawarkan "spektrum luas", yang berarti melindungi dari sinar UVA dan UVB.

Hal lain yang perlu diperhatikan, meskipun Anda mungkin menemukan produk yang mengandung vitamin C dan SPF, sebaiknya beli bahan aktif secara terpisah dari tabir surya Anda.

"Kebanyakan serum khusus vitamin C akan mengandung konsentrasi vitamin C yang lebih tinggi daripada tabir surya yang mengandung vitamin C atau pelembap yang mengandung vitamin C," kata Dr. Love.

Jadi, selama Anda mengoleskan serum vitamin C sebelum tabir surya, berarti Anda sudah selangkah melakukan yang terbaik dalam hal perlindungan kulit wajah terhadap sinar matahari.

Pilihan Editor: Batasan Persentase Vitamin C dalam Serum, Jangan Berlebihan

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."