Sederet Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai serum kulit. Freepik.com

Ilustrasi wanita memakai serum kulit. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Vitamin C memiliki banyak manfaat bagi kulit. Oleh karenanya, banyak mereka produk perawatan kulit yang menjadikannya sebagai bahan utama pembuatan serum. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda bisa menggunakan serum vitamin C pada pagi dan malam hari setelah menggunakan toner wajah.

Namun, pastikan Anda tidak menggunakan vitamin C dan retinol secara bersamaan. Pasalnya, retinol bekerja dalam kadar pH yang lebih tinggi, sedangkan vitamin C diformulasikan pada lingkungan pH asam. Jadi, ketika keduanya digunakan secara berlapis, hasilnya pun tidak akan optimal.

Selain itu, baiknya Anda juga tidak menggabungkan vitamin C dengan AHA/BHA. Selain menurunkan dan bahkan menghilangkan fungsi antioksidan dalam vitamin C, gabungan keduanya dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Berikut sederet manfaat serum vitamin C untuk kulit

1. Mencerahkan

Dilansir dari Healthine, salah satu manfaat serum vitamin C adalah mencerahkan wajah. Vitamin C bisa membantu menyamarkan pigmentasi dan menghaluskan kulit, sehingga kulit pun menjadi tidak kusam.

2. Menghidrasi kulit

Turunan vitamin C, yakni magnesium askorbil fosfat diketahui dapat membantu menahan air dalam kulit. Dengan begitu, kelembapan kulit pun bisa terjaga.

3. Melindungi dari sinar UV

Vitamin C mengandung antioksidan. Menurut studi dari Pauling Institute di Oregon State University, antioksidan dalam vitamin C bisa mengurangi kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet (UV).

4. Mempercepat regenerasi sel

Studi dalam Indian Dermatology Online Journal menyebutkan vitamin C mampu mempercepat pergantian sel-sel kulit mati atau rusak dengan sel-sel kulit baru yang lebih sehat.

5. Mengatasi hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah kondisi di mana terdapat bercak gelap pada kulit, seperti melasma, bintik hitam akibat usia, serta noda hitam bekas jerawat. Vitamin C dapat menghalau produksi pigmen melanin tersebut, sehingga bisa membantu memudarkan bintik-bintik hitam di kulit.

6. Merangsang produksi kolagen

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen cenderung akan menurun. Akibatnya, pada kulit akan muncul garis-garis halus hingga kerutan. Penggunaan serum vitamin C di sini menjadi sangat penting karena ia mampu merangsang produksi kolagen.

7. Mengencangkan kulit

Selain memunculkan kerutan, kurangnya kolagen juga dapat membuat kulit makin kendur. Dengan tercukupinya produksi kolagen, maka kulit pun jadi lebih elastis dan terlihat kencang.

8. Percepat penyembuhan luka

Selain mencerahkan, fungsi vitamin C yang sangat populer adalah mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Cepatnya penyembuhan luka dapat mengurangi risiko peradangan, infeksi, dan munculnya bekas luka.

Baca juga: Kaya Vitamin C, 6 Buah Ini Dapat Meningkatkan Imunitas di Masa Pandemi

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."