Batasan Persentase Vitamin C dalam Serum, Jangan Berlebihan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai serum kulit. Freepik.com

Ilustrasi wanita memakai serum kulit. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat ini, kebanyakan dari kita mengetahui manfaat penggunaan vitamin C dalam rutinitas perawatan kulit atau skincare. Ini adalah antioksidan kuat yang dikenal untuk mencerahkan kulit, melawan kerusakan akibat radikal bebas, dan meningkatkan produksi kolagen. Mengingat popularitasnya, ada banyak sekali pilihan untuk dipilih termasuk vitamin C. Dan, salah satu pertanyaan yang paling sering muncul  adalah sebaiknya berapa persen vitamin C dalam serum?

Menurut Victoria Fu, ahli kimia kosmetik yang tinggal di Revela, dan salah satu pendiri Chemist Confessions, kita benar-benar dapat menggunakan sedikitnya lima persen asam L-askorbat untuk mendapatkan manfaatnya.

"Saya tahu orang-orang terbiasa mendengar tentang serum dengan kadar 20 persen vitamin C, tetapi pasti ada beberapa jenis kulit yang tidak cocok dengan asam askorbat sebanyak itu, dan sebagai akibatnya sering mengalami tanda-tanda iritasi seperti kemerahan dan gatal, ” jelasnya.

Selain asam L-askorbat, ada turunan vitamin C lain seperti ascorbyl glucoside dan THD ascorbate yang juga dapat ditemukan dalam produk perawatan kulit, yang mungkin lebih cocok jika kulit Anda tidak mentoleransi asam asorbat.

Konsentrasi target asam askorbat yang paling sering Anda temukan dalam serum adalah antara 5 - 20 persen. Anda mungkin pernah mendengar bahwa 10 persen adalah "angka emas", tetapi itu hanya perkiraan karena itu adalah rata-rata dari kisaran 5 hingga 20 persen yang Anda lihat di label.

Sekali lagi, Fu menegaskan bahwa kandungan lebih banyak tidak selalu berarti lebih baik, terutama jika menyebabkan iritasi. Jadi daripada hanya berfokus pada persentase vitamin C dalam suatu produk, dia merekomendasikan untuk lebih memperhatikan cara pemformatannya karena itu juga akan memengaruhi penggunaannya dalam rutinitas Anda.

Terlepas dari persentase atau format yang Anda pilih, ingatlah bahwa konsistensi adalah kuncinya. Vitamin C harus digunakan setiap pagi, setelah pembersihan dan sebelum pelembab atau tabir surya.

Baca juga: Agar Hasilnya Maksimal, Simak Tips Memakai Serum Vitamin C untuk Kulit Anda

PUREWOW

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."