Yoga Bisa Bantu Kelola Kadar Gula Darah, Kata Penelitian

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita melakukan yoga di rumah. Freepik.com/Senivpetro

Ilustrasi wanita melakukan yoga di rumah. Freepik.com/Senivpetro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain baik untuk postur tubuh dan relaksasi, yoga juga bisa membantu mengelola kadar gula darah. Meskipun gerakan apa pun bermanfaat, penelitian menunjukkan bahwa berlatih yoga khususnya selama beberapa menit per hari dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap seperti yang Anda inginkan.

Secara tradisional, yoga digunakan sebagai alat untuk mendorong penyatuan antara pikiran dan tubuh. Jadi, tidak mengherankan, banyak postur dan praktik yoga diketahui sangat berguna dalam mengelola kondisi kesehatan tertentu.

Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa yoga mungkin memiliki beberapa manfaat khusus untuk manajemen gula darah dan diabetes. Satu studi tahun 2014 yang melibatkan lebih dari 11.000 orang menemukan bahwa dalam waktu tiga bulan yoga dapat mempengaruhi gaya hidup yang berkaitan dengan pengurangan pradiabetes dan pencegahan diabetes.

Postur duduk dan membungkuk ke depan dikaitkan dengan fungsi pankreas yang lebih baik. Para peneliti menyimpulkan pose ini membantu memijat pankreas dan merangsang sekresi insulin.

Sementara itu, tinjauan tahun 2018 menunjukkan bahwa latihan yoga hanya 10 menit sehari dapat memiliki efek positif pada gula darah dan tingkat stres, dan bahkan mengurangi risiko diabetes dan komplikasi terkait diabetes, seperti hipertensi dan neuropati.

Baca juga: Yoga Bantu Kita Mengenali Diri Sendiri dan Mengontrol Stres

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."