Ragam Kebaya di Jogja Fashion Trend 2023, Nuansa Khas Jawa hingga Aksentuasi Pulau Dewata

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Busana nasional kebaya hadir dengan grande di gelaran Jogja Fashion Trend 2023, mulai dari kebaya khas Jawa hingga Pulau Dewata/Foto: Cantika/Foto: Ecka Pramita

Busana nasional kebaya hadir dengan grande di gelaran Jogja Fashion Trend 2023, mulai dari kebaya khas Jawa hingga Pulau Dewata/Foto: Cantika/Foto: Ecka Pramita

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaKebaya bukan sekadar pakaian, tetapi merupakan perwujudan filosofi dan identitas perempuan Indonesia. Kebaya memiliki sejarah dan perjalanan yang panjang sebagai aset budaya Nusantara, sehingga eksistensinya terus berlanjut hingga saat ini dan telah menjadi bagian dari banyak tradisi masyarakat Indonesia.

Sejak kebaya Indonesia bersama dengan lima negara di Asia Tenggara didaftarkan dalam ntangible Cultural Heritage (ICH) The United Nations Educational, Scientific and Cultural, popularitas kebaya semakin bersinar. Tidak hanya dikenakan dalam kampanye Selasa Berkebaya, tetapi juga menghiasi panggung mode. Salah satunya di gelaran Jogja Fashion Trend 2023, terdepat beberapa jenama kebaya yang menampilkan koleksi terbaik mereka. 

Penasaran? Berikut ulasan ragam kebaya yang dihimpun Cantika langsung dari Jogja Fashion Trend 2023

1. Kebaya klasik 

Koleksi kebaya Jawa dari Puspawarni Roemah Kebaya yang menampilkan gaya cape megah dan etnik/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Jenala kebaya Puspawarni Roemah Kebaya membawakan delapan koleksi kebaya klasik nan grande khas Jawa. Kebaya yang terinspirasi dari Solo ini didominasi warna hitam dan kain batik keemasan. Terdapat detail asimetris dengan cape look dan long outer yang membuat kebaya ini semakin megah. 

2. Kebaya Kutubaru aksen Bali 

Koleksi kebaya bertajuk Alendra karya Yulian Widodo di panggung Jogja Fashion Trend 2023/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Desainer Yulian Widodo menampilkan keunikan kebaya kutubaru berbahan beludru warna merah bepaduk kain batik dan nuansa keemasan bertajuk Alendra. Menariknya, terdapat aksentuasi kain khas pulau Dewata dengan corak catur hitam putih membuat kebaya ini tampil mencuri perhatian. 

3. Kebaya brokat dan kain tenun 

Koleksi kebaya dari Carissa Butik karya Carissa Anjani yang menampilkan brokat menawan berpadu kain tenun di Jogja Fashion Trend 2023/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Pemakaian kebaya tak selalu dipadukan dengan kain batik, tetapi juga bisa berkain tenun seperti koleksi yang dibawakan oleh jenama Carissa Butik rancangan Carissa Anjani x Firdaza. Sebanyak delapan look kebaya brokat putih potongan klasik berpadu indah dengan kain tenun khas NTT warna biru dan putih. 

4. Kebaya modern 

Koleksi kebaya modern yang menawan dari Kebaya Adhikari di panggung Jogja Fashion Trend 2023/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Popularitas kebaya sebagai busana nasional semakin membuat desainer lebih kreatif, begitu pula dengan koleksi kebaya dari Adhikari yang menjelma mewah dengan paduan kain batik, satin, dan kilauan memesona. Ditambah warna-warna yang playful seperti toska, biru, marun, dan terakota.  

Pilihan Editor: Detail Kebaya Bella Bonita saat Menikah dengan Denny Caknan, Kutubaru dan Aksen Keemasan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."