Cara Menentukan Shade Makeup yang Pas, Menurut MUA Ryan Ogilvy

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bedak, bronzer, dan kuas makeup. Foto: Freepik.com

Ilustrasi bedak, bronzer, dan kuas makeup. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu tantangan belanja kosmetik atau makeup secara daring (online) adalah kala menentukan shade makeup alias rentang pilihan warna yang paling cocok denga kulit. Biasanya saat kita mengunjungi satu situs atau aplikasi kecantikan, ada beragam pilihan shade makeup yang ditunjukkan untuk bedak, lipstik, ataupun perona pipi. Tentu akan menjadi tantangan tersendiri bila itu merupakan kali pertama kita berbelanja di merek tersebut. 

Jika itu yang tengah kamu rasakan, jangan risau, ada sejumlah tips yang dibagikan penata rias atau makeup artist (MUA) Ryan Ogilvy. Tips pertama hindari memilih warna makeup yang lebih terang dari warna kulit kamu.

“Biasanya kulit wanita Asia kan rata-rata warna warm atau warna-warna hangat. Maka dari itu, jangan sampai pilih tone warna yang berubah jadi warna grey (abu-abu).” ungkap Ryan di Jakarta Barat, pada Rabu, 12 Juli 2023.

Berdasarkan pengalamannya di dunia tata rias yang telah menjadi bagian dari tim makeup New York Fashion Week hingga merias wajah Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ryan kerap menemukan  perempuan cenderung lebih senang memilih shade sedikit lebih terang dari kulitnya, sehingga penampilan wajahnya menjadi abu-abu.

Maka dari itu, Ryan merekomendasikan untuk memilih produk makeup sesuai dengan warna undertone masing-masing.

"Seperti yang kita tahu, pada produk complexion saat ini sudah tersedia berbagai seri seperti warm, beige, pink, dan light. Carilah seri yang sesuai dengan tone kulit, misalnya seseorang dengan yellow undertone, maka pilihlah kategori hangat," ujarnya.

Apa itu undertone? Yaitu warna atau rona yang berada di bawah permukaan kulit. Ada tiga jenis undertone, yakni hangat (warm), dingin (cool), dan netral. Bagaimana cara menentukannya? Anda bisa mengecek dari warna urat nadi hingga warna perhiasan yang cocok dengan kulit kamu.

Cara lain bagi pemilik kulit wanita Asia dalam menentukan shade makeup yang pas bisa dengan memilih angka shade nomor 2-5. "Meskipun begitu, bukan berarti nomor shade lain tak bisa terpakai, nyatanya untuk nomor 1 bisa digunakan sebagai pengganti highlight, sedangkan nomor 7 bisa sebagai pengganti shading," tandasnya.

 

Pilihan Editor: Cara Memilih Makeup Sesuai Jenis Kulit Wajah

AN NISA RISTIANTI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."