Cara Memilih Makeup Sesuai Jenis Kulit Wajah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai makeup. Freepik.com

Ilustrasi wanita memakai makeup. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tidak ada rutinitas satu ukuran untuk semua perawatan kulit dan hal yang sama berlaku untuk makeup alias produk merias wajah. Jenis kulit wajah yang berbeda memerlukan teknik pengaplikasian riasan serta produk dan formula yang berbeda. Entah itu kulit berminyak, kering, atau kombinasi keduanya, ada sejumlah cara memilih makeup yang sesuai jenis kulit.

“Memilih makeup yang tepat untuk jenis kulit Anda bisa jadi rumit. Karena itu, inilah panduan mudah untuk memilih produk makeup ideal dan teknik aplikasi yang sesuai dengan jenis kulit Anda, membuat Anda memiliki kulit yang cantik dan tampak sehat,” kata Isha Yogi, Dosen Senior, Personal Styling & Image Consultancy, PearlxStudio, seperti dikutip dari Indian Express, pada Jumat, 28 April 2023.

Berikut beberapa cara memilih makeup yang sesuai jenis jenis kulit.

1. Kulit Berminyak

Jika Anda memiliki kulit berminyak, disarankan untuk menggunakan produk yang ringan, bebas minyak, dan nonkomedogenik yang tidak menyumbat pori-pori. Jangan lupa untuk membersihkan wajah Anda dua kali sebelum mengaplikasikan produk apa pun.

Pori-pori terbuka yang terlihat dengan kulit berminyak adalah hal yang umum. Oleh karena itu, primer yang mengaburkan pori sangat cocok untuk jenis kulit ini.

Selain itu, pilih alas bedak atau fondation matte atau pelembap berwarna dengan efek mattifying. Pasangkan alas bedak dengan bedak tabur atau bedak padat untuk membantu riasan Anda tetap utuh. Gunakan kertas blotting untuk mengontrol minyak berlebih sepanjang hari.

2. Kulit Kering

Untuk kulit kering, pilih alas bedak dengan hasil akhir satin atau dewy, juga pelembap berwarna dan menghidrasi yang akan melembapkan dan menutrisi kulit.

Hindari alas bedak yang diberi label matte atau bubuk, dan jauhi produk berbahan dasar bedak karena dapat menonjolkan kekeringan, atau gunakan hanya dalam jumlah terbatas. Selesaikan makeup Anda dengan semprotan pengencang yang menghidrasi untuk hasil akhir yang berembun.

Baca juga: 6 Tips Tampil dengan Makeup Era 60-an, Eyeliner Dramatis dan Lipstik Nude

3. Kulit Kombinasi

Jika Anda memiliki kulit kombinasi dengan zona T berminyak dan pipi kering, pilih produk bebas minyak dan ringan untuk zona T dan produk pelembap untuk pipi. Demikian pula, pilih alas bedak matte untuk zona-T dan alas bedak yang menghidrasi untuk pipi.

Oleskan pelembap berbahan dasar air sebelum aplikasi makeup diikuti dengan mattifying primer agar aman. Atur riasan Anda dengan bedak transparan karena lebih ringan, dan tidak akan membuat riasan Anda terlihat seperti cakey.

Jika kulit Anda terlihat berminyak dan berkilau di penghujung hari, pilihlah highlighter yang lebih sedikit. Jika pipi Anda kering, pilih highlighter cair. Selesaikan riasan Anda dengan semprotan pengaturan matte.

4. Kulit Sensitif

Jika Anda memiliki kulit sensitif, carilah label seperti bebas pewangi, hipoalergenik, dan tidak menyebabkan iritasi dan antiradang pada produk makeup Anda. Pilih riasan berbahan dasar mineral karena formulasi ini biasanya tidak mengandung bahan kimia keras atau iritasi seperti pewarna dan aditif.

Gunakan balsem pembersih alami untuk menghapus makeup Anda alih-alih tisu untuk menghindari iritasi kulit. Hindari terlalu banyak bahan aktif dalam perawatan kulit Anda.

5. Kulit Berjerawat

Jika Anda memiliki kulit yang cenderung berjerawat, gunakan produk non-komedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori Anda dan menghindari semakin memperparah jerawat Anda.

Jika Anda memiliki kulit bersisik di sekitar area yang tidak berjerawat, gunakan pembersih yang disertai scrub atau exfoliator yang lembut. Gunakan alas bedak ringan atau pelembap berwarna dengan bahan pelawan jerawat seperti asam salisilat atau benzoil peroksida.

Produk anti-gagal lainnya untuk kulit berjerawat adalah riasan berbahan dasar mineral. Hindari produk berat berbahan dasar minyak yang dapat menyumbat pori-pori.

Gunakan korektor warna untuk menyembunyikan tanda atau bintik hitam. Dan, tentunya, untuk semua jenis kulit wajah termasuk berjerawat, jangan pernah tidur dengan riasan Anda dan gunakan penghapus riasan lembut sebelum tidur untuk menghindari pori-pori tersumbat dan berjerawat. Pastikan untuk membersihkan kuas makeup Anda secara teratur untuk menghindari penumpukan bakteri yang dapat memperburuk jerawat Anda.

Semoga cara memilih makeup sesuai jenis kulit di atas semakin menyempurnakan riasan Anda.

Pilihan Editor: 5 Tips Makeup di Cuaca Panas, Pakai Concealer sebagai Pengganti Foundation

INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."