Kurangi Sampah Plastik dengan Waste Station RDTX Place, Begini Langkahnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi Sampah Plastik. shutterstock.com

Ilustrasi Sampah Plastik. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Diperkirakan antara 4,8-12,7 Mt sampah plastik terakumulasi di lautan setiap tahun (Jambeck et al., 2015), 80 persen di antaranya diyakini berasal dari sumber berbasis darat sedangkan 20 persen sisanya dari sumber berbasis laut, seperti seperti perikanan dan industri perkapalan (Ocean Conservancy, 2017). Yayasan WWF Indonesia melalui program Plastic Smart Cities (PSC) berkomitmen mendukung upaya kolaboratif pengelolaan sampah di Provinsi Jakarta, khususnya yang menjangkau area perkantoran dan rumah tangga.

Rekosistem (PT Khazanah Hijau Indonesia) berkolaborasi dengan Yayasan WWF Indonesia (WWF-Indonesia) meresmikan Waste Station di area RDTX Place untuk program WWF Plastic Smart Cities yang turut dihadiri oleh Andien sebagai Eco Living Advisor Rekosistem. Kolaborasi ini merupakan program Rekosistem dan WWF-Indonesia untuk mengurangi sampah dari Jakarta yang berakhir di Sungai Ciliwung. 

Waste Station adalah stasiun daur ulang Rekosistem dalam rangka mewujudkan pengurangan sampah plastik sebanyak 30 persen di Jakarta. Peresmian ini dihadiri pula oleh Rommel PP Pasaribu selaku Kepala Bidang Peran Serta Masyarakat beserta jajaran dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta.

"Memulai kebiasaan gaya hidup ramah lingkungan dalam keseharian seperti memilah dan mengelola sampah secara konsisten dapat memberikan dampak yang signifikan untuk Bumi kita, dan sejalan dengan misi dari Rekosistem dalam menerapkan prinsip keberlanjutan. Waste Station ini tidak hanya untuk mengumpulkan sampah sehingga dapat diproses, tetapi memiliki tujuan utama menciptakan kebiasaan dan mendorong masyarakat untuk memilah dan menyetorkan sampah anorganik sehingga menaikkan tingkat daur ulang, demi menciptakan Indonesia yang bebas polusi sampah," ujar Ernest Layman, Chief Executive Officer dan Co-founder Rekosistem.

Irfan Bakhtiar, Director of Climate & Market Transformation, Yayasan WWF Indonesia menegaskan, "Kolaborasi antara WWF-Indonesia dan Rekosistem mengajak masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam pengelolaan sampah. Kepedulian terhadap lingkungan dapat menjadi sebuah gaya hidup baru khususnya masyarakat perkotaan dengan menyetorkan sampah anorganik termasuk sampah plastik ke Waste Station di RDTX Place ini serta memulai pemilahan sampah dari rumah."

Aksi dalam menciptakan kehidupan yang ramah lingkungan ini juga sudah lama disuarakan oleh Andien Aisyah, Public Figure pegiat gaya hidup ramah lingkungan yang kini juga berperan sebagai Eco Living Advisor Rekosistem.

"Setiap orang harus memiliki collective consciousness atau kesadaran kolektif, yaitu di mana satu orang sadar apa yang ia lakukan sangat berdampak baik dan besar bagi lingkungan, dan akan membawa perubahan besar jika dilakukan secara bersama-sama. Saya melihat potensi tersebut di Rekosistem dan saya ingin terlibat di dalamnya dalam mengubah Indonesia menjadi negara yang hidup berdampingan dengan alam," jelas Andien.

Ada pun hingga kini telah tersebar 28 Waste Station dan Dropbox yang aktif beroperasi di beberapa provinsi di pulau Jawa seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat dan Jawa Timur. Rekosistem juga bekerja sama dengan beberapa korporasi yang turut mendorong kebiasaan #PilahKemasSetor sampah, diantaranya adalah blu by BCA Digital, Toyota Astra Motor, Ajinomoto, dan Electronic City. Pendirian Waste Station dan Dropbox diharapkan dapat meningkatkan sistem pengelolaan sampah yang terpadu dan berkesinambungan di masa depan. 

Pada bulan Juli ini, Rekosistem juga telah meluncurkan Waste Station baru di Museum Angkut, Kota Batu, yang diresmikan bersama Toyota Astra Motor serta Rekosistem Dropbox di Alun-Alun Gresik dan di Alun-Alun Mojokerto bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Kabupaten dan Kota setempat. "Kami berharap di kemudian hari dapat memperluas jangkauan Waste Station untuk menciptakan gaya hidup baru masyarakat yang lebih peduli akan lingkungan dan penghuninya," tutup Ernest.

Pilihan Editor: Kampanye Bebas Sampah Plastik, Aurelie Moeremans Menjelma Putri Duyung

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."