Cara Merawat Skin Barrier, Terapkan Basic Skincare dan Suplemen Kolagen

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Produksi kolagen dalam tubuh seseorang akan menurun sejak memasuki usia 20 tahun.  Maka tak heran bila rasanya masyarakat mulai melakukan perawatan ekstra dengan mencari suplementasi tambahan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. 

Selain memerlukan perawatan dari dalam dengan meminum suplemen, tentunya juga harus diimbangkan dengan perawatan dari luar untuk merawat dan menjaga kesehatan skin barrier.

Dermatologis dokter Pipim S. Bayasari membagikan cara merawat skin barrier dan melakukan pencegahan agar terhindar dari kulit yang tidak sehat. "Sering kali penuaan ekstrinsik ini diperparah dengan faktor-faktor lingkungan, seperti sinar UV, gizi yang buruk, udara dan juga rokok." ungkapnya dalam talkshow Youvit, Selasa 4 Juli 2023. 

Penuaan ekstrinsik sendiri merupakan proses penuaan yang terjadi lebih cepat akibat adanya faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, polusi udara, rokok, alkohol dan nutrisi yang kurang.

dr. Pipim juga menambahkan dengan faktor-faktor tersebut akan menyebabkan kulit semakin kendur, kerutan akan semakin kasar, timbulnya melasma, dan juga bisa menyebabkan kanker seperti melanoma. Cara melakukan pencegahan tersebut menurut dr. Pipim adalah menghindari faktor pencetus ekstrinsik itu sendiri. Selain itu, diperlukan memakai basic skincare yang baik. 

"Bila skin barrier rusak, dan tidak merawat dengan menggunakan pelembab, akan menyebabkan transepidermal water loss yang membuat kulit semakin dry." tuturnya. Selain pelembab, juga diharuskan memakai sunscreen setiap harinya. Sunscreen berguna untuk mencegah terjadinya faktor ekstrinsik lebih lanjut. 

Tak melulu soal perawatan wajah, namun pola hidup yang sehat juga mendukung dalam melakukan pencegahan dari kulit tak sehat, seperti olahraga dan minum yang cukup. "Olahraga berperan untuk memperlancar metabolisme tubuh agar produksi dari kolagen cukup memadai." ungkap dr. Pipim. 

Sedangkan minum yang cukup dapat dilakukan dengan rutin mengkonsumsi cairan 2 liter per harinya untuk mencegah kulit dehidrasi.

Suplemen kolagen dalam bentuk minuman serbuk mulai dicari oleh sebagian wanita Indonesia yang menginginkan kulitnya tetap glowing alami serta terlihat awet muda. Karena tingginya kebutuhan suplemen kolagen di Indonesia, Youvit yang selama ini dikenal sebagai brand vitamin gummy pun mulai berinovasi dengan adanya produk minuman kolagen bebas gula.

"Ini merupakan sejarah baru bagi Youvit. Setelah lebih dari 6 tahun dikenal dengan produk vitamin gummy, kini kami berinovasi dengan menghadirkan format baru berbentuk minuman serbuk. Format ini dipilih untuk mengakomodir kebutuhan kolagen dengan cara yang enak dan menyenangkan. Youvit berkomitmen untuk terus menghadirkan produk dengan kualitas terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat luas,"  jelas Wouter van der Kolk selaku Co-Founder dan CEO Youvit.

Kandungan yang terdapat dalam suplemen tersebut terdiri dari 2000 mg Fish Collagen dari Korea Selatan, L-Glutathione dari Jepang, Niacinamide, Vitamin C, Vitamin E, dan ekstrak Saffron sebagai antioksidan.

Pilihan Editor: 3 Penyebab Skin Barrier Rusak, Jangan Abaikan

AN NISA RISTIANTI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."