5 Pilihan Pengganti Saus Tomat, Ada Tomat Kalengan hingga Sup Tomat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi saus tomat. shutterstock.com

Ilustrasi saus tomat. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saus tomat salah satu bahan serbaguna di dapur. Bisa digunakan untuk lasagna, pizza, hingga komponen pendamping saat makan ayam goreng atau burger. Jika Anda kehabisan saus tomat, atau tidak dapat mendapatkan merek favorit Anda, jangan khawatir. Anda bisa mempertimbangkan membuat pengganti saus tomat.

1. Tomat Kalengan

Dengan sekaleng tomat, Anda bisa membuat saus tomat cepat dalam waktu sekitar 20 menit. Mulailah dengan menumis bawang bombay cincang halus dalam panci dengan minyak zaitun, lalu tambahkan sedikit bawang putih cincang saat bawang bombay sudah lunak.

Tambahkan tomat kalengan, dan bumbui dengan garam, merica, dan serpih cabai. Jika tomat utuh, atau terlalu tebal untuk selera Anda, hancurkan dengan tangan, atau dengan garpu atau penghancur kentang.

Biarkan mendidih selama 10-15 menit, atau sampai sausnya sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda menginginkan saus yang lebih lembut, haluskan dengan blender atau food processor, dan itulah saus tomat buatan Anda. Gunakan ini sebagai pengganti 1:1 untuk saus tomat siap pakai.

2. Tomat Segar

Saat membuat saus dengan tomat segar, sebaiknya hindari kulitnya, yang akan mempertahankan tekstur berbeda bahkan saat dihaluskan dengan ampasnya.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengiris tomat menjadi dua, parut pada sisi yang dipotong, dan buang kulitnya di bagian ujung. Setelah itu, ikuti langkah yang sama seperti membuat saus tomat dari tomat kalengan; satu-satunya perbedaan adalah Anda tidak perlu memasak tomat segar terlalu lama, terutama jika sudah matang dan manis.

3. Pasta Tomat

Pasta tomat adalah pasta kental dan pekat yang dibuat dengan memasak tomat dalam waktu lama, menyaringnya, lalu memasaknya lagi. Proses ini menghasilkan pasta kaya umami yang bisa berubah menjadi saus tomat darurat saat dicampur dengan air.

Tumis pasta tomat (ingat rasanya kuat) dalam minyak zaitun dengan bawang putih cincang, garam, merica, dan serpihan cabai. Tambahkan air, mengikuti perbandingan kasar 1:1, pasta tomat dengan air.

Aduk rata untuk menggabungkan, dan biarkan mendidih selama sekitar 10-15 menit untuk memadukan rasa.

Pasta tomat bukanlah pengganti saus tomat 1:1, tetapi saus berbahan dasar pasta tomat. Cobalah versi teknik ini dengan membuat ikan rebus dengan saus tomat pedas.

4. Sup Tomat

Sup tomat cenderung lebih manis dan lebih encer daripada saus tomat, jadi ini bukan pengganti yang sempurna dengan perbandingan 1:1. Kami akan menghindari menggunakan sup tomat untuk sesuatu seperti saus pasta, tapi pasti bisa menambah rasa tomat yang enak untuk resep seperti Sup Gnocchi Sosis Italia, atau Kacang Panggang dan Tomat Keju ini.

Mulailah dengan menambahkan lebih sedikit sup tomat daripada saus tomat, dan sesuaikan dengan selera.

5. Puree Tomat

Puree tomat lebih kental dari saus tomat, tetapi lebih tipis dari pasta tomat. Ini dapat diubah menjadi saus tomat menggunakan metode yang sama seperti pasta tomat, tetapi karena membutuhkan lebih sedikit pengenceran, jangan mencampurnya dengan banyak air. Perlu diingat, puree tomat bukanlah pengganti saus tomat 1:1, tetapi saus berbahan dasar pure tomat.

Pilihan Editor: Cara Menyimpan Tomat Matang atau Belum Matang

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."