Cara Menyimpan Tomat Matang atau Belum Matang

Ilustrasi tomat. shutterstock.com

kuliner

Cara Menyimpan Tomat Matang atau Belum Matang

Sabtu, 7 Mei 2022 10:20 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Orang memiliki beragam pendapat tentang cara menyimpan tomat, tetapi semua orang menginginkan hasil yang sama, yaitu tomat segar, manis, asam untuk dimakan dan dimasak selama mungkin.

Jika tomat belum matang, sebaiknya disimpan di meja selama beberapa hari sampai matang. Tanda tomat belum matang adalah ada aroma dan sedikit berbekas saat ditekan. Setelah tomat matang, konsumsilah atau simpan ke dalam lemari es untuk menjaga kesegarannya. Tomat matang dapat tetap segar di lemari es selama sekitar dua minggu.

Bisakah Menyimpan Tomat di Kulkas?

Anda dapat menyimpan tomat di kulkas, tetapi penting untuk mempertimbangkan kematangan tomat. Pendinginan mengganggu proses pematangan, dan tidak ada yang mau makan tomat mentah, hambar, dan bertepung. Jika Anda memasukkan tomat mentah ke dalam lemari es, tomat akan tetap seperti itu—tidak pernah beraroma seperti yang seharusnya. Jika Anda memilih atau berhasil membeli tomat yang matang sempurna, makanlah atau bekukan.

Untuk tomat yang terlalu matang, pastikan mendinginkannya untuk memperlambat pembusukannya. Perlu diingat bahwa Anda dapat menggunakan tomat yang lembek dan terlalu matang untuk saus tomat, hidangan penutup, chutney, dan lainnya. Jadi, boleh-boleh saja menyimpan tomat di lemari es tergantung pada situasinya, tetapi biarkan tomat Anda mencapai suhu kamar sebelum memakannya. Sebab tomat suhu kamar memiliki rasa terbaik.

Cara Menyimpan Tomat yang Dipotong

Karena kulit melindungi daging, yang terbaik adalah menyimpan tomat utuh untuk penyimpanan, tetapi jika Anda menemukan tomat sisa yang telah dipotong, ada cara untuk membuatnya tetap segar lebih lama. Cukup tutupi bagian yang dipotong dengan bungkus plastik—dengan rapat—dan bungkus bagian yang belum dipotong dengan longgar. Letakkan tomat di atas piring kecil yang dipotong menghadap ke bawah dan masukkan ke dalam lemari es. Disimpan dengan cara ini, irisan tomat akan bertahan beberapa hari.

Untuk menyimpan irisan tomat utuh, seperti jenis yang akan Anda taruh di sandwich atau burger, letakkan di wadah penyimpanan makanan kedap udara atau kantong plastik yang tertutup rapat dan simpan di lemari es. Usahakan menggunakan irisan tomat dalam waktu tiga hari, selagi masih segar.

Bisakah Anda Membekukan Tomat?

Faktanya, Anda bisa membekukan tomat, dan buah-buahan beku bisa menjadi hadiah untuk diri sendiri di musim dingin saat Anda mendambakan manisnya tomat musim panas. Jika Anda memiliki banyak tomat matang dan Anda tidak akan menggunakan semuanya, bilaslah, biarkan mengering, buang batangnya, dan bekukan dalam wadah freezer. Semudah itu!

Setelah Anda siap memakannya, masukkan tomat beku ke dalam semangkuk air hangat. Setelah beberapa menit di dalam air, Anda dapat mengupas kulitnya dengan mudah. 

Baca juga: Selain Dimakan, Tomat Juga Berkhasiat Cegah Jerawat dan Minyak

REAL SIMPLE