Mengenal Lebih Dekat Solange Dekker, Miss International Queen 2023 Asal Belanda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Pemenang dari Belanda, Solange Dekker melambaikan tangan setelah dimahkotai dalam kontes kecantikan transgender Miss International Queen 2023 di kota Pattaya, Thailand, 24 Juni 2023. Solange Dekker yang berusia 27 tahun berhasil mengalahkan 22 kontestan dari negara lainnya.REUTERS/Chalinee Thirasupa

Pemenang dari Belanda, Solange Dekker melambaikan tangan setelah dimahkotai dalam kontes kecantikan transgender Miss International Queen 2023 di kota Pattaya, Thailand, 24 Juni 2023. Solange Dekker yang berusia 27 tahun berhasil mengalahkan 22 kontestan dari negara lainnya.REUTERS/Chalinee Thirasupa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam ajang pemilihan Miss International Queen 2023 di Pattaya, Thailand, 24 Juni silam, Solange Dekker keluar sebagai juara. Dia merupakan transpuan asal Belanda.

"Pesan yang ingin saya tunjukkan kepada semua orang adalah bahwa Anda tidak perlu berhenti percaya pada diri sendiri. Anda selalu, selalu, selalu perlu sepenuhnya percaya pada diri sendiri untuk mencapai semua yang Anda inginkan," ujar Dekker kepada media, setelah penobatannya

Meraih gelar Miss International Queen 2023, dia mendapatkan hadiah uang tunai sebesar USD12.500, 1 unit apartemen di Woodland Hotel and Resort di Kota Pattaya untuk 1 tahun, dan hadiah-hadiah lainnya dari sponsor. Adapun juara dua Miss International Queen diraih oleh Qatrisha Zairyah Kamsir dari Singapura dan juara ketiga Melony Munro dari Amerika Serikat.

Siapa sebenarnya Solange Dekker? Yuk, kita mengenal lebih dekat.

Masa Kecil Alami Perundungan

Dekker lahir pada 15 Maret 1996. Jauh sebelum seperti saat ini, dia telah melewati banyak masa pahit saat menyatakan diri sebagai transpuan pada usia 14 tahun. Saat itu, dia mendapatkan penolakan dari keluarga dan teman-temannya. Di sekolah pun dia tidak mendapatkan teman dan justru malah dirundung atau di-bully

Mulai Tertarik pada Mode dan Riasan Wanita saat Remaja

Pada usia 15 tahun dia tertarik dengan segala hal yang feminin. Dia belajar makeup dan fashion wanita. Saat mengaku sebagai transgender kepada keluarganya, dia mendapatkan penolakan keras dan dikeluarkan dari rumah tanpa membawa uang sepersen pun. DIa juga pernah mencoba bunuh diri dua kali lantaran merasa amat tertekan. 

Karier Solange Dekker

Perjalanan karier Solange Dekker berawal dari mengikuti Miss Trans Star International 2019 di Spanyol sebuah ajang kontestan kecantikan. Kemudian pada 2022, dia mengikuti Miss Universe Netherlands dan berhasil meraih penghargaan Miss Media Sosial. Dalam sejarahnya, ini kali pertama Belanda terlibat dalam kontestan seperti ini. 

Pada 2021, dia juga menyabet penghargaan kategori Miss Most Inspiring di ajang Miss Intercontinental Netherlands 2021. Hal ini karena dia telah melewati perjalanan hidup yang berliku dan tidak mudah. Sebagai informasi, Solange Dekker berasal dari keluarga kurang mampu. 

Dalam beberapa tahun belakangan ini, Solange Dekker telah memiliki bisnis Solange Productions yaitu sebuah perusahaan yang menyediakan layanan pertunjukan dan hiburan terutama untuk selebritis TV. Solange Dekker sering tampil dalam televisi nasional di Belanda.

Miss International Queen  

Miss International Queen merupakan sebuah kompetisi internasional bergengsi untuk para transpuan melakukan unjuk gigi. Ajang kompetisi ini sudah rutin digelar setiap tahunnya sejak 2004 di Pattaya. Ajang ini merupakan ajang terbesar di dunia dan bertujuan untuk mengubah stigma negatif transgender di masyarakat dan memberikan pemahaman mengenai kesetaraan transgender di masyarakat dan dunia kerja. 

Adapun persyaratan untuk mengikuti Miss International Queen: 

  • Berusia 18 hingga 35 tahun
  • Peserta harus lahir sebagai laki-laki baik yang sudah operasi atau belum.
  • Peserta hanya bisa mewakili negara asalnya.
  • Tidak boleh terlibat dalam film porno.

DWI LUCY SUSETIOWATI | DINI DIAH | THE PATTAYA NEWS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."