7 Cara Mengatasi Serangan Panik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita alami serangan panik. Foto: Freepik.com/cookie_studio

Ilustrasi wanita alami serangan panik. Foto: Freepik.com/cookie_studio

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaSerangan panik atau panic attack adalah episode kecemasan dan atau ketakutan ekstrem yang tiba-tiba. Beberapa gejala serangan panik adalah kesemutan di tubuh, keringat berlebih, pemikiran irasional, dan ketakutan ekstrem terhadap sesuatu.

Salah satu penyebab serangan panik adalah kecemasan. Namun, dengan sedikit perawatan dan perhatian pada tubuh dan pikiran, kita bisa menghadapi serangan panik. Menyikapi hal tersebut, terapis hubungan, Alison Seponara membagikan cara mengatasi serangan panik serta menenangkan tubuh dan pikiran.

"Mengetahui apa yang Anda butuhkan pada saat disregulasi adalah kuncinya," ungkapnya dikutip dari laman Hindustan Times, Kamis, 29 Juni 2023.

Berikut cara mengatasi serangan panik yang perluk kita ketahui bersama.

1. Akui Serangan Panik yang Dialami

Langkah pertama adalah memahami bahwa ini adalah serangan panik. Kita sering merasa bahwa gelombang emosi akan tetap bersama kita secara permanen dan akhirnya 'menenggelamkan' kita. Namun, perlahan-lahan kita perlu mendaftarkan serangan panik sebagai satu serangan dan mengatasinya

2. Terapkan Pernapasan Dalam

Teknik pernapasan dalam membantu menenangkan sistem saraf. Mulailah bernapas perlahan selama sekitar empat detik melalui hidung, berhenti sejenak dan bernapas melalui mulut.

Baca juga: Kendall Jenner Saat Kena Serangan Panik, Sampai Tak Bisa Napas

3. Tutup Mata Anda

Ketika ada rangsangan eksternal yang bertindak sebagai pemicu serangan panik, kita harus berhenti melihatnya dan sebaliknya menutup mata kita dan mencoba untuk fokus pada pernapasan kita.

4. Fokus pada Satu Objek

Jika tidak dapat mengalihkan perhatian, kita harus melukis gambar yang memberi kita kedamaian dan ketenangan. Kita harus mencoba untuk fokus hanya pada gambar dan mencoba memperhatikan bentuk dan warnanya.

5. Cari Dukungan

Saat serangan panik terjadi, cobalah memegang tangan atau memeluk teman atau anggota keluarga yang mendukung untuk membantu melewatinya. Jika sendirian, Anda dapat meminta seseorang untuk tetap bersama Anda melalui telepon saat menghadapi serangan panik.

6. Gunakan Indera

Hirup aroma yang menenangkan atau minum minuman hangat untuk menenangkan indera saat serangan panik terjadi.

7. Temukan Tempat yang Aman

Ketika serangan panik terjadi, ada baiknya Anda meninggalkan ruangan yang sibuk dan mencari tempat di mana dapat menenangkan sistem saraf.

Pilihan Editor: Jennifer Lopez Ungkap Pernah Alami Serangan Panik karena Kelelahan Kerja

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."