Tips Menyimpan Daging Kambing dan Sapi yang Benar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi daging kambing. Coway/Freepik.com

Ilustrasi daging kambing. Coway/Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari Raya Idul Adha identik dengan daging sapi dan daging kambing. Tidak jarang masyarakat mendapatkan kambing atau sapi pada hari perayaan itu. Sayang, banyaknya daging sapi maupun kambing yang didapatkan saat Hari Raya Idul Adha ini kerap membuat para ibu bingung tentang bagaimana menyimpannya dengan benar. Chef Gilang “MasterChef Indonesia' membagikan beberapa tips menyimpan daging kambing dan sapi yang benar.  

“Bisa taruh di wadah plastik terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke kulkas,” kata Chef Gilang saat ditemui dalam acara “Moorlife Berbagi Berkah Qurban di 38 Provinsi di Indonesia” pada Kamis 29 Juni 2023.

Sebelum daging kambing atau sapi dimasukkan ke dalam wadah, beri alas daun pepaya terlebih dahulu ke dalam wadah. Setelah itu, bungkus atau lapisi daging dengan daun pepaya hingga daging tertutup.

Jangan lupa gunakan wadah kedap udara agar daging tidak terkena udara. Tutup rapat wadah berisi daging tersebut dan jangan mencucinya sebelum daging akan digunakan atau dimasak. Jika akan memasaknya, daging baru boleh dibersihkan dengan air mengalir.

Setelah dikemas rapi, taruh wadah berisi daging dan daun pepaya ke dalam lemari pendingin. Jika daging akan dimasak di hari yang sama, simpan daging di bagian bawah lemari pendingin (rak pertama atau kedua, bukan freezer atau bagian pembeku dalam kulkas).

Namun, jika daging akan dimasak dua atau tiga hari kemudian, simpan daging di chiller atau freezer agar daging lebih awet. Pastikan wadah sudah tertutup rapat dan kedap udara agar bau amis dan prengus dari daging sapi atau kambing tidak menyebar ke dalam lemari pendingin.

Mudahkan ikuti tips menyimpan daging tersebut? 

Pilihan Editor: Cara Menyimpan Daging tanpa Kulkas, Menurut Chef Stefu Santoso

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."