12 Penyebab Miss V Nyeri, dari Infeksi hingga Endometriosis

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi vagina. Shutterstock

Ilustrasi vagina. Shutterstock

IKLAN

6. Infeksi Menular Seksual

Infeksi menular seksual seperti klamidia, gonore, atau herpes genital dapat menyebabkan nyeri vagina. Pengobatannya melibatkan penggunaan obat antivirus atau antibiotik yang diresepkan oleh dokter.

7. Penyakit Radang Panggul

Penyakit radang panggul adalah infeksi pada organ reproduksi wanita yang dapat menyebabkan nyeri perut bagian bawah, keputihan yang tidak normal, dan komplikasi reproduksi. Pengobatannya melibatkan penggunaan antibiotik.

8. Endometriosis

Endometriosis adalah kondisi di mana jaringan endometrium tumbuh di luar rahim. Hal ini dapat menyebabkan nyeri panggul dan vagina saat menstruasi dan hubungan seksual. Pengobatannya dapat melibatkan penggunaan obat-obatan atau intervensi bedah.

9. Fibroid

Fibroid adalah pertumbuhan non-kanker di dalam rahim yang dapat menyebabkan rasa sakit dan gejala lain.

10. Kista Vulva

Kista vulva atau kista Bartholin dapat menyebabkan benjolan pada vulva dan mengakibatkan kelembutan dan nyeri. Kista ini dapat diatasi dengan perawatan rumah atau memerlukan intervensi medis, tergantung pada kondisinya.

11. Kram Haid

Nyeri menstruasi dapat menjalar ke miss V dan menyebabkan ketidaknyamanan. Jika Anda mengalami kram hebat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan tidak ada masalah serius seperti vulvodynia atau endometriosis.

12. Dispareunia

Nyeri vagina selama atau setelah hubungan intim dapat disebabkan oleh dispareunia. Kondisi tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kurangnya lubrikasi hingga kondisi serius seperti fibroid. Penting untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang masalah ini.

Sekali lagi, kondisi di atas kemungkinan penyebab miss V nyeri, pastinya konsultasikan kepada dokter kandungan.

Pilihan Editor: 5 Tanda Miss V Tidak Sehat, Bau Amis hingga Sensasi Terbakar

WIDYA FITRIANINGSIH | POPSUGAR

 Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."