8 Manfaat Teh Chamomile, dari Menyehatkan Jantung dan Bantu Mengatur Gula Darah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi teh chamomile. Foto: Freepik.com

Ilustrasi teh chamomile. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di ulasan kesehatan kali ini, kita mengulik soal teh chamomile. Tak cuma dari bahan dan kandungan, kita juga akan menelusuri manfaat teh chamomile untuk kesehatan tubuh dan waktu terbaik mengonsumsinya. Teh chamomile terbuat dari herba berbunga dari keluarga tumbuhan Asteraceae. Dalam kondisi segar, chamomile menyerupai aster mini.

Untuk membuat teh chamomile, bunga tanaman chamomile dikeringkan lalu diseduh dengan air panas. Chamomile telah dianggap sebagai ramuan yang menenangkan — dan digunakan untuk membuat teh chamomile yang menenangkan dan menyembuhkan — selama berabad-abad. Bunga chamomile mengandung beberapa senyawa tanaman yang kuat seperti flavonoid, seskuiterpen, dan antioksidan lainnya. Berikut ini beberapa manfaat chamomile untuk kesehatan tubuh yang terbukti secara ilmiah, di balik rasa dan aromanya yang indah.

Manfaat Teh Chamomile

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Teh chamomile adalah minuman yang sangat baik setelah makan malam sebelum tidur. Selain aromanya yang aromatik, bersahaja-bunga dan kurangnya kafein, teh ini telah lama digunakan sebagai obat dan dikenal karena efeknya yang menenangkan.

Chamomile adalah antioksidan yang kuat, kata Rachel Cheatham, pendiri dan CEO perusahaan konsultan nutrisi Foodscape Group dan asisten profesor di Tufts Friedman School of Nutrition Science and Policy, Amerika. Lebih dari 120 unsur kimia untuk chamomile telah ditemukan, termasuk antioksidan apigenin, yang membantu mengikat reseptor di otak Anda yang meningkatkan rasa kantuk dan mengurangi insomnia.

Penelitian lain menunjukkan bahwa menggabungkan teh chamomile dan lavender sangat membantu bagi orang tua baru yang mengalami kurang tidur. Konsumsi teh chamomile oleh individu postpartum juga telah terbukti mengurangi gejala depresi — penyebab umum sulit tidur.

"Ingat, kunci dari efek ini tampaknya adalah konsumsi harian secara teratur," kata Cheatham, seperti dikutip dari laman Real Simple, Kamis, 22 Juni 2023. "Ketika minum teh chamomile berhenti setelah dua minggu pengujian, begitu pula efek yang diinginkan untuk merangsang tidur dan mengangkat suasana hati."

2. Sifat Anti-inflamasi yang Kuat

Chamomile adalah minuman antiinflamasi yang hebat, berkat daftar panjang senyawa kimia dan antioksidannya, yang disebutkan di atas. Berkurangnya peradangan dalam tubuh berarti berkurangnya risiko nyeri gastrointestinal, radang sendi, gangguan autoimun, depresi, dan beberapa masalah kesehatan kronis lainnya.

3. Menyehatkan Jantung

Antioksidan tertentu dalam teh chamomile, seperti flavonoid, membantu mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan risiko penyakit jantung. Selama bertahun-tahun, flavonoid telah dipelajari untuk mengukur keefektifannya dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol, termasuk trigliserida dan kolesterol LDL "jahat".

Minum teh chamomile secara teratur dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah yang sehat secara tidak langsung karena membantu mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan mengendurkan pembuluh darah serta arteri.

Meskipun teh chamomile berpotensi bermanfaat bagi kesehatan jantung dalam banyak hal, teh ini dapat meningkatkan risiko pendarahan bagi orang yang menggunakan pengencer darah.

4. Bikin Rileks dan Mengurangi Stres serta Cemas

Manfaat teh chamomile selanjutnya adalah bisa menjadi pereda stres dan kecemasan berkat sifatnya yang menenangkan dan kemampuannya melawan insomnia. Seperti yang disadari banyak orang, sulit tidur dan stres berjalan beriringan. Anda juga dapat menggunakan teh kamomil (dan aromanya yang menenangkan) sebagai obat penenang alami saat mandi atau pijat relaksasi. Hal itu juga dapat membantu meredakan nyeri.

Meskipun lebih banyak, studi yang lebih besar diperlukan, beberapa penelitian telah menemukan teh chamomile menjadi bantuan yang efektif untuk menurunkan gejala gangguan kecemasan umum (GAD) sedang hingga parah. Ingat, kualitas dan sumber teh chamomile berperan penting untuk mengoptimalkan manfaatnya.

Baca juga: 5 Teh Herbal untuk Redakan Stres

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."