4 Fakta Menarik Film Catatan Si Boy yang Perlu Kamu Ketahui

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Film Catatan Si Boy tayang di bioskop pada 17 Agustus 2023. Foto: Instagram/@filmcatatansiboy

Film Catatan Si Boy tayang di bioskop pada 17 Agustus 2023. Foto: Instagram/@filmcatatansiboy

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Film Catatan Si Boy dijadwalkan tayang bertepatan dengan hari kemerdekaan, yakni 17 Agustus 2023. Beberapa bulan sebelum penayangannya, sang sutradara hingga para pemain berbagi cerita dalam pembuatan film reboot dari film dengan judul sama yang populer pada tahun 1987. Berikut ini sederet fakta menarik film Catatan Si Boy.

1. Kesulitan Sutradara

Sang sutradara, Hanung Bramantyo mengatakan salah satu kesulitan yang dia hadapi dalam menggarap Catatan Si Boy adalah saat harus menggambarkan Jakarta dalam film tersebut padahal dia bukan orang Jakarta.

"Ini buat saya susah karena saya bukan orang Jakarta, saya orang Yogyakarta," kata Hanung saat peluncuran trailer film tersebut di Jakarta, pada Kamis, 22 Juni 2023 .

Sementara itu, penggambaran Jakarta dalam film ini merupakan hal penting sebab dia tak ingin menghilangkan kesan dari film awalnya. Apalagi Catatan Si Boy pada zaman itu membicarakan anak muda Jakarta, sehingga tidak bisa menghilangkan gambaran ibu kota.

"Saya melakukan reboot, maksudnya menciptakan ulang, tapi, tanpa meninggalkan kesan awalnya. Same wine, different bottle," kata suami Zaskia Adya Mecca itu.

Selain itu, kesulitan lainnya yang dihadapi Hanung adalah saat dia harus menggambarkan kehidupan tokoh utama sebagai orang kaya lama alias old money.

Pasalnya, kata Hanung, dia bukan berasal dari keluarga kaya raya sehingga perlu melakukan riset lebih untuk hal tersebut.

"Secara ekonomi saya juga bukan keluarganya Boy, yang dari lahir mobil sudah mentereng di garasinya. Itu yang buat saya jadi harus memikirkan orang kaya itu seperti apa," tutur Hanung.

Hanung menggambarkan orang kaya tidak melulu soal uang, tapi juga bisa lewat pembawaan

"Orang kaya dengan orang sok kaya, itu bedanya cuma di vibe. Mungkin duitnya bisa sama, tapi, yang satu enggak kaget punya duit banyak, sementara yang satu kaget dan dia akan show-off. Buat Boy, enggak begitu, orang kaya beneran itu enggak show-off," Hanung melanjutkan.

2. Deretan Pemeran di Catatan Si Boy

Diproduksi oleh MD Pictures yang bekerja sama dengan Dapur Film dan MVP Pictures, Catatan Si Boy dibintangi oleh Angga Yunanda, Syifa Hadju, Alyssa Daguise, Carmela Van Der Kruk, Gemi Nastiti, Ara Ajisiwi, Meriam Bellina, Lukman Sardi, Mona Ratuliu, Marcella Zalianty, hingga Arya Vasco.

3. Tiga Pemeran Mengaku Merasakan Pressure

Sebagai pemeran utama di Catatan Si Boy, Angga Yunanda mengaku deg-degan. Meski begitu, agar bisa memerankan Boy dengan maksimal, Angga mengatakan dia mempelajari tokoh tersebut dengan menonton kembali film "Catatan Si Boy" terdahulu.

"Pressure (tekanan) sih pasti, ya, karena menurut aku ini film yang sangat legendaris dan salah satu film yang kayaknya semua orang pasti tahu," kata Angga Yunanda pemeran Boy.

Dia pun berharap hasil usahanya bersama tim dapat memuaskan hati penonton.

"Semoga hasilnya memuaskan dan penonton yang baru pertama kali nonton Catatan Si Boy bisa terhibur dan teman-teman yang sudah sangat familiar dengan film Catatan Si Boy bisa terhibur juga setelah menonton versi terbarunya," ujar Angga.

Hal yang sama juga dirasakan Syifa Hadju yang berperan sebagai Nuke. Namun, Syifa mengatakan dirinya percaya bahwa Catatan Si Boy digarap oleh rumah produksi, sutradara, dan lawan main yang tepat, sehingga tekanan yang dia rasakan pun menjadi jauh lebih berkurang.

"Apalagi proses pra-produksinya sangat panjang ya, kita reading (baca naskah) dikasih waktu yang cukup lama, jadi aku cukup percaya diri dan Insya Allah hasilnya bagus," tutur Syifa.

Alyssa Daguise, pemeran Vera, juga mengaku merasakan tekanan yang sama karena kepopuleran film Catatan Si Boy di masa lalu. Untuk mengatasi itu, Alyssa mengatakan dia berusaha melakukan yang terbaik dalam menjalani perannya.

4. Meriam Belina Terharu

Berbeda dari pemeran baru dan muda, sebagai aktris yang setia membintangi Catatan Si Boy sejak film pertama, aktris Meriam Bellina mengatakan sangat nyaman bisa bergabung dalam jajaran pemain dari film versi terbaru. Bahkan, dia mengaku terharu saat menonton trailer film tersebut.

"Jujur saya lihat trailer-nya pengin nangis. Chemistry sama karisma itu saya lihat saat syuting ada sekali. Jadi, sangat merasa nyaman sekali, waktu syuting juga langsung klik. I think, this is the real (saya pikir, ini nyata) Catatan Si Boy berikutnya, bukan yang dulu-dulu," ujar Meriam.

Untuk menyegarkan ingatan kembali, Catatan Si Boy menceritakan kehidupan anak muda Jakarta bernama Boy dengan segala tantangan yang dia hadapi mulai dari percintaan, persahabatan, keluarga, dan cita-cita.

Pilihan Editor: Cerita Sherina Munaf jadi Music Director di Petualangan Sherina 2: Sempat Panik, tapi Merasa Dihargai

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."