Agar Wajah Tidak Stres, Ini Cara Tepat Pijat Wajah Pakai Gua Sha

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita menggunakan gua sha. Freepik.com

Ilustrasi wanita menggunakan gua sha. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernahkah kamu merasa wajah terasa lelah atau layu. Biasanya dipicu karena banyak pekerjaan atau pikiran yang berujung stres. Oleh sebab itu, wajah jugua perlu rileks dengan banyak treatment, salah satunya pijat wajah

Memijat wajah agar lebih tirus atau bersinar alias glowing bisa menggunakan alat gua sha atau pun jari tangan karena tidak ada yang benar atau salah dalam segala bentuk perawatan diri atau mencintai diri, menurut Bach Flower Practitioner & Founder of Kiloalta Askarina Daniswari.

Gua sha adalah teknik yang digunakan dalam pengobatan tradisional Asia Timur untuk mengobati nyeri otot dan ketegangan. Dulu, orang-orang menggunakan alat seperti batu, kayu dan seiring waktu beralih pada kristal.

"Kalau lebih cocok dengan jari, silakan. Kalau ternyata lebih suka dengan gua sha, silakan juga karena tidak ada yang salah dan benar," ujar dia dalam acara "Plaza Indonesia Wellness Festival" di Jakarta, Selasa, 20 jUNI 2023. 

Mereka yang menggunakan jari sebaiknya memperhatikan kebersihannya agar tidak justru memunculkan jerawat, begitu juga dengan panjang kuku demi menghindari luka di wajah saat dipijat.

Selanjutnya, sebelum memijat wajah, sebaiknya pastikan wajah dalam kondisi lembab. Seseorang bisa juga mengaplikasikan tiga tetes minyak khusus untuk wajah, tubuh dan rambut.

Langkah berikutnya, melakukan stimulasi otot wajah. Seseorang bisa menggunakan telunjuk atau jari tengah untuk menekan titik-titik di wajah yang paling sering tegang, misalnya di antara dua alis.

"Tarik napas lalu buang sambil kita tekan dan tahan. Listen to your body. Pas kita tekan boleh pejamkan mata," kata Askarina.

"Dicari titiknya mana yang paling nyaman. Di situ kita pasti tahu tempat kita paling tension. Inhale lagi, exhale. Inhale sekali lagi, exhale," sambung dia.

Selanjutnya, pindahlah ke bagian bawah mata. Coba cari titik akupresur dengan cara menekan-menekan bagian-bagian wajah dan saat ada rangsangan yang terasa maka di situlah titiknya.

Tahap berikutnya yakni menggunakan alat gua sha semisal terbuat dari rose quartz. Gunakan bagian dalam alat untuk memijat dari bagian bawah pipi ke arah ujung luar alis.

"Pijat muka biar enggak stres. Tiga kali saja. Kanan dan kiri biar enggak puffy sebelah," ujar Askarina yang juga pemilik label dengan fokus alat kecantikan dan produk kecantikan alami itu.

Seseorang juga bisa memijat bagian atas alis yang dimulai dari bagian dalam ke luar, bagian bawah dagu ke atas dan leher.

Pilihan Editor:  Ketahui Manfaat Gua Sha untuk Atasi Nyeri Kaki, Kata Ahli Tulang

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika


Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."