6 Tips Ciptakan Personal Branding yang Memesona di Media Sosial

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita stalking media sosial. Freepik.com/Kamran Aydinov

Ilustrasi wanita stalking media sosial. Freepik.com/Kamran Aydinov

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernahkah Anda menyadari bahwa kehadiran Anda di media sosial juga dapat memberikan kesan pertama yang kuat? Seperti pepatah lama yang mengatakan bahwa kesan pertama itu penting, penelitian juga menunjukkan bahwa para perekrut melihat profil media sosial seseorang.

Tahukah Anda bahwa bukan hanya teman-teman Anda yang melihat profil media sosial Anda? Fakta menunjukkan bahwa 93 persen perekrut menggunakan media sosial untuk memeriksa kandidat, dan yang lebih mengejutkan, 55 persenperekrut telah mengubah pendapat mereka tentang kandidat berdasarkan apa yang mereka temukan di profil media sosial.

Selain itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa perekrut membuat keputusan apakah Anda cocok untuk pekerjaan dalam waktu rata-rata 6,25 detik setelah melihat CV. Jika mereka tertarik dengan CV Anda, mereka akan mencari Anda di media sosial, dan pada saat itu, Anda hanya memiliki beberapa detik untuk menciptakan kesan pertama yang luar biasa.

Inilah 6 tips penting yang harus Anda pertimbangkan untuk membangun personal branding di media sosial

1. Tinjau Kehadiran Online Anda di Google

Cari tahu apa yang orang akan temukan saat mencari nama Anda di Google dengan melakukan pencarian sendiri. Apakah Anda disebutkan di situs web apa pun? Bagaimana umpan balik yang Anda terima, positif atau negatif? Profil media sosial mana yang muncul dalam hasil pencarian? Jika yang pertama kali muncul adalah profil lama Anda di MySpace, mungkin saatnya untuk memperbarui dan mengatur pengaturan privasi Anda!

2. Atur Pengaturan Privasi dengan Bijaksana

Banyak dari kita memiliki foto-foto online yang tidak ingin dilihat oleh calon pemberi kerja, tetapi kita juga tidak ingin menghapusnya. Solusinya adalah mengelola pengaturan privasi Anda secara cermat. Ini memungkinkan Anda menyimpan apa yang ingin Anda simpan tanpa perlu khawatir tentang siapa yang dapat mengaksesnya. Apakah profil Facebook Anda hanya untuk penggunaan pribadi? Pertimbangkan untuk menambahkan nama tengah Anda agar lebih sulit ditemukan. Jika Anda tidak ingin perekrut melihat foto-foto Instagram Anda, atur akun Anda menjadi pribadi.

3. Isi Profil dengan Informasi yang Relevan

Twitter memberikan Anda 160 karakter untuk memperkenalkan diri. Gunakan kesempatan ini untuk memberikan kesan pertama yang positif. Berikan gambaran tentang diri Anda dan apa yang Anda lakukan. Prinsip yang sama berlaku untuk LinkedIn. Gunakan ruang ringkasan profil Anda untuk memperkenalkan diri, menyoroti prestasi karier terbaik Anda, minat Anda, dan tunjukkan sejauh mana Anda cocok dengan budaya perusahaan mana pun.

4. Ciptakan Visual yang Menarik

Satu gambar bisa mengungkapkan ribuan kata! Pastikan foto profil Anda menampilkan Anda dengan tampilan profesional, tetapi tetap ramah dan mudah didekati. Mayoritas platform media sosial juga menawarkan opsi untuk mengungg

ah gambar sampul yang dapat menjadi cara lain untuk memperkenalkan diri. Jika Anda bekerja di bidang kreatif, manfaatkan jejaring sosial yang fokus pada visual seperti Instagram dan Pinterest untuk memamerkan portofolio Anda.

5. Lengkapi Profil dengan Detail

Setelah memberikan kesan pertama yang mengesankan, pastikan profil Anda terisi dengan lengkap! Di LinkedIn, cantumkan pengalaman kerja dan pencapaian terbaik Anda, dan pastikan tidak ada kesalahan pengetikan. Di Twitter, pastikan Anda menyertakan lokasi dan tautan ke situs web/profil LinkedIn/blog Anda.

6. Postingan yang Konsisten

Karena Anda tidak pernah tahu kapan perekrut akan melihat profil sosial Anda, penting untuk tetap aktif dan konsisten dalam beraktivitas di media sosial. Posting konten berkualitas tinggi secara teratur. Atau, Anda dapat mengikuti influencer di industri Anda dan membagikan ulang berita serta tren yang relevan.

Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda akan dapat menciptakan kesan pertama yang luar biasa dan memikat di media sosial. Siapkanlah diri Anda untuk menampilkan kehadiran yang tak terlupakan bagi para perekrut dan peluang karier yang menarik!

Pilihan Editor: 

WIDYA FITRIANINGSIH | LIFE REDEFINED 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."