3 Cara Meningkatkan Skill Komunikasi di Tempat Kerja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bos sedang berkomunikasi dengan anggota timnya di tempat kerja. Foto: Unsplash.com/Amy Hirschi

Ilustrasi bos sedang berkomunikasi dengan anggota timnya di tempat kerja. Foto: Unsplash.com/Amy Hirschi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Komunikasi menjadi fondasi penting dalam setiap hubungan, termasuk hubungan profesional di tempat kerja. Baik dewan, pimpinan divisi atau anggota tim sebaiknya tak pernah berhenti belajar bagaimana cara meningkatkan skill komunikasi di tempat kerja. Mengapa? Karena setiap sumber daya manusia yang ada di dalam organisasi itu terus bertumbuh dan berasal dari beragam latar belakang. Dengan meningkatkan kemampuan atau skill komunikasi yang jelas dan sehat, maka produktivitas kerja meningkat dan semakin dekat dengan mencapai tujuan organisasi tersebut.

Berikut ini sejumlah cara meningkatkan skill komunikasi menurut Deb Liu, CEO Ancestry dan Eksekutif Teknologi di Silicon Valley, Amerika, hampir 20 tahun.

1. Jangan Malu Bertanya

Hal pertama dan terpenting yang dapat Anda lakukan jika ingin menghindari jatuh ke dalam kebuntuan informasi adalah tidak takut untuk meminta klarifikasi. Kebanyakan orang akan menghargai diberi kesempatan untuk mengubah atau menyatakan kembali permintaan mereka jika mereka tahu mereka disalahartikan.

Meskipun demikian, meminta tanggapan yang lebih langsung tidak selalu mudah. Jika Anda kesulitan mendapatkan klarifikasi, gunakan struktur sederhana ini untuk menyelesaikan detailnya:

Konteksnya: Kapan dan di mana permintaan dibuat?

Contoh: "Dalam pertemuan kita kemarin, kamu bertanya tentang nilai pendaftar."

Pertanyaannya: Penting untuk memastikan ini sejelas dan sesingkat mungkin.

Contoh: "Apakah Anda ingin ringkasan cepat dari data yang sudah kami miliki, atau haruskah kami memulai proyek dua minggu untuk menentukan nilai yang dapat diukur?"

Respons: Jika ada peringatan untuk dapat memenuhi permintaan, jelaskan.

Contoh: "Jika Anda menginginkan yang terakhir, kami akan menunda pekerjaan akuisisi untuk memberikannya kepada Anda."

Konfirmasi: Ingatlah untuk menyelesaikan permintaan klarifikasi Anda dengan mengulangi apa yang telah Anda dengar dan pahami.

Contoh:"Oke, jadi kami akan memberi Anda analisis lima menit tentang pendaftar di penghujung hari."

Baca juga: Dear Bos, Begini 5 Cara Bikin Karyawan Bahagia dan Produktif

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."