Dear Bos, Begini 5 Cara Bikin Karyawan Bahagia dan Produktif

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita bekerja di kantor. shutterstock.com

Ilustrasi wanita bekerja di kantor. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika Anda memulai bisnis sendiri, salah satu tugas Anda membuat karyawan bahagia. Sebab hal itu bisa memengaruhi motivasi, produktivitas, dan loyalitas karyawan Anda di perusahaan. Tak hanya itu, bahagianya karyawan juga bisa mengurangi stres dan semakin meningkatkan hubungan antar karyawan.

Tak bisa dielakkan, kenaikan gaji dan bonus tentu bisa membuat karyawan bahagia menjalani tugas-tugasnya. Sebab itu tujuan utama kebanyakan orang bekerja. Namun, membahagiakan karyawan tak melulu soal uang. Ada sejumlah apresiasi lewat perhatian dan kompromi yang bisa membuat karyawan bahagia seperti berikut.

1. Akui dan Hargai Upaya Setiap Karyawan

Karyawan merasa bahagia ketika mereka tahu ide, inisiatif atau kerja keras mereka diperhatikan dan dihargai. Ini mendorong mereka untuk semakin membangun kinerja mereka yang luar biasa. Penghargaan pengakuan karyawan bisa dilakukan melalui penghargaan Karyawan Tahun Ini, kartu ucapan selamat, atau sekadar ucapan terima kasih di depan rekan satu timnya. Itu semua bentuk pengakuan.

2. Tawarkan Pengaturan Kerja Fleksibel

Menawarkan pengaturan kerja yang fleksibel, seperti kerja dari rumah untuk ibu baru atau ibu tunggal dapat meningkatkan kepuasan dan kualitasnya. Memiliki fleksibilitas akan membantu karyawan Anda tetap positif, termotivasi, terlibat, dan efektif. 

Jangan lupa, pastikan mereka mengambil cuti untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

3. Memiliki Transparansi Bisnis

Bagaimanapun, tempat kerja yang bahagia adalah tempat yang transparan dan adil. Transparansi melahirkan kepercayaan dan mendorong dialog terbuka. Ini membantu untuk mendorong tempat kerja kolaboratif dengan memperkuat ikatan antara karyawan dan bos mereka. Seseorang harus selalu terbuka dengan membagikan apa pun yang telah Anda pelajari dan strategi tindakan untuk menyelesaikan masalah.

4. Adakan Kegiatan Team Building

Kegiatan team building dapat membantu mengembangkan budaya kantor. Karyawan yang berinteraksi dan berbagi dapat berfungsi lebih baik, menyelesaikan masalah dengan lebih efektif, dan lebih menghargai satu sama lain.

Mengizinkan karyawan Anda untuk terlibat di luar pekerjaan dapat membantu mereka merasa lebih terikat satu sama lain dan dengan perusahaan. Hasilnya, tim Anda akan lebih bersemangat untuk tampil dan bekerja sama dengan baik.

5. Ciptakan Lingkungan Kerja Menyenangkan

Lingkungan kerja yang menyenangkan dan mendukung tidak hanya meningkatkan kesejahteraan dan kinerja karyawan, tetapi juga kualitas hasil, layanan atau kepuasan pelanggan. Bekerja di tempat kerja yang menyenangkan bisa meningkatkan perasaan positif sehingga lebih efektif dari waktu ke waktu.

Anda dapat memulai dengan mengakui keberhasilan secara publik, menyediakan makan siang kelompok untuk hari-hari hasil terbaik, atau mengubah posisi di dalam organisasi.

Jika Anda bos, jangan lupa bahagiakan karyawan demi hasil kerja yang lebih optimal.

PINK VILLA

Baca juga: Sampai ke Level Pemimpin, Simak Upaya 3 Perusahaan Mendukung Karyawan Perusahaan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."