4 Cara agar Kulit Ketiak Mulus dan Halus

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ketiak (Pixabay)

Ilustrasi ketiak (Pixabay)

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaKadang-kadang kita begitu fokus menjaga kulit wajah agar tetap mulus, cerah, dan terlindungi, tapi kita sering lupa merawat area kulit yang kurang terlihat, seperti kulit ketiak. Padahal, memiliki kulit ketiak mulus dan halus juga bisa memberikan kenyamanan dan meningkatkan percaya diri. Salah satu cara agar kulit ketiak mulus dan cerah adalah tidak menggunakan pisau cukur sekali pakai yang sudah tumpul karena bisa membuat kulit ketiak tidak rata dan bergelombang.

Bukan cuma itu, ada sejumlah cara agar kulit ketiak mulus dan cerah yang disarankan menurut beberapa ahli kulit, yaitu Dr. Brendan Camp, Dr. Divya Shokeen, dan Dr. Blair Murphy-Rose.

1. Rutin Eksfoliasi

Pengelupasan sel-sel kulit mati atau eksfoliasi mencegah pori-pori tersumbat, serta merangsang produksi kolagen untuk memperbaiki tekstur kulit dan menjaganya tetap kenyal dan kencang.

Menurut Shokeen, gunakanlah eksfoliator kimiawi yang lembut untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Dia lebih merekomendasikan penggunaan eksfoliator kimiawi daripada yang bersifat fisik, karena dapat memberikan manfaat yang lebih lembut dalam mencerahkan dan meningkatkan kualitas kulit ketiak.

Pengelupasan kimiawi melibatkan penggunaan larutan asam seperti asam salisilat, asam laktat, atau asam glikolat yang diterapkan pada kulit untuk merangsang pengelupasan sel kulit mati. Pengelupasan fisik, seperti produk dengan partikel kecil, dapat menyebabkan iritasi dan trauma pada kulit.

Menurut Murphy-Rose, cara agar kulit ketiak mulus adalah menemukan keseimbangan antara eksfoliasi yang efektif, namun tidak menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif ini.

Jika kamu memiliki ketiak yang bergelombang, dia merekomendasikan penggunaan eksfoliator kimiawi mulai dari sekali seminggu, kemudian meningkatkan frekuensi sesuai toleransi kulit. Dia lebih merekomendasikan eksfoliator kimiawi yang lembut ketimbang pengelupasan fisik yang lebih kasar. Sebagai contoh, dia merekomendasikan penggunaan asam laktat daripada scrub gula.

2. Gunakan Pelembap

Untuk menjaga kulit sehat, penggunaan pelembap sangatlah penting, termasuk juga untuk kulit ketiak, kata Dr. Camp.

"Pelembap yang mengandung agen keratolitik membantu secara lembut mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit," tuturnya. 

Dia juga menyebutkan bahwa bahan aktif seperti glikolat, laktat, dan asam salisilat, yang sering ditemukan dalam produk pelembap, mampu membuat kulit menjadi halus dan terhidrasi. (Jika bahan-bahan tersebut terdengar akrab, itu karena mereka juga digunakan dalam pengelupasan kimia.)

Dr. Shokeen juga menyarankan untuk mengoleskan losion atau krim pelembap pada kulit ketiak setelah mandi. "Hal ini dapat membantu menenangkan dan melembutkan kulit, serta membuatnya lebih tahan terhadap iritasi dan peradangan," ujarnya.

Penggunaan pelembap juga dapat membantu mengurangi benjolan dan kekasaran, terutama setelah menggunakan eksfoliator.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."