5 Manfaat Niacinamide untuk Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita menunjukkan rambutnya. Freepik.com/Diana.Grytsku

Ilustrasi wanita menunjukkan rambutnya. Freepik.com/Diana.Grytsku

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Niacinamide tak hanya berdampak baik pada kulit, tapi juga bermanfaat untuk rambut. Apa saja manfaat niacinamide untuk rambut? Niacinamide alias vitamin B3 adalah salah satu bahan yang menyehatkan rambut untuk mencegah peradangan di kulit kepala, meningkatkan sirkulasi darah, dan membantu produksi keratin, protein penting untuk kesehatan rambut kita.

Sebagai vitamin yang larut dalam air, niacinamide juga dapat membantu pertumbuhan rambut yang sehat. Sifat antioksidannya pun dapat meningkatkan sirkulasi darah, dan membawa oksigen ke folikel rambut, sehingga menghasilkan pertumbuhan rambut yang baik.

"Niacinamide juga mengurangi peradangan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut yang lebih tebal serta memperbaiki alopecia," kata Dr Anup Dhir, konsultan senior, Rumah Sakit Apollo dan mantan Presiden Asosiasi Ahli Bedah Plastik Estetika India, dikutip dari Hindustan Times, Minggu, 21 Mei 2023.

Sementara itu, Dr. Rinky Kapoor, Konsultan Dermatolog, Dermatolog Kosmetik & Ahli Bedah Kulit, The Esthetic Clinics Mumbai, India, mengatakan niacinamide juga dikenal sebagai nicotinamide, yang membantu banyak fungsi tubuh seperti mengurangi stres oksidatif, memetabolisme protein, dan lipid, hingga meningkatkan energi seluler dan mensintesis karbohidrat untuk digunakan oleh tubuh.

"Niacinamide juga berguna dalam mengatur produksi sebum dalam tubuh," ujarnya.

Untuk lebih lengkapnya, yuk kita simak sederet manfaat niacinamide untuk rambut menurut Dr Rinky Kapoor.

1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Karena Vitamin B3 bertanggung jawab untuk memberikan energi, itu dapat meningkatkan sirkulasi darah yang sehat dan pengiriman oksigen dan nutrisi ke folikel rambut. Oleh sebab itu, niacinamide meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat dan memberikan kilau dan kelenturan rambut dengan memperbaiki tekstur rambut. Vitamin ini juga membantu mengembalikan kesehatan rambut yang rusak secara kimiawi.

2. Membantu Sintesis dan Produksi Keratin

Keratin adalah protein alami yang penting untuk rambut karena rambut kita terdiri dari 90% keratin. Niacinamide meningkatkan produksi protein yang mengarah ke tingkat keratin yang tinggi, sehingga bisa mencegah rambut rusak dan rapuh.

3. Menenangkan Peradangan Kulit Kepala

Peradangan adalah salah satu penyebab utama kerontokan rambut pada pria dan wanita. Niacinamide dapat mengurangi kemerahan dan peradangan di kulit kepala serta mencegah kerontokan rambut yang semakin parah. 

4. Bantu Membuat Rambut Lebih Tebal

Mengingat kesehatan folikel membaik berkat nicotinamide, sehingga stres oksidatif berkurang, dan rambut tidak memasuki fase istirahat dari siklus pertumbuhan sejak dini. Ini meningkatkan tekstur dan ketebalan rambut, dan tampilan keseluruhan menjadi tebal.

5. Melindungi Rambut dari Kerusakan Lingkungan

Niacinamide memiliki sifat antioksidan yang sangat baik untuk melindungi rambut dari efek berbahaya sinar ultraviolet dan polusi. Niacinamide juga memperkuat penghalang lipid. Jika Anda suka menggunakan alat pemanas dan penataan rambut, niacinamide dapat membantu melindunginya dari kerusakan.

Pilihan Editor: Ketahui Manfaat Niacinamide untuk Kulit, Tak Hanya Mencegah Jerawat dan Mencerahkan

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."