Catat, Ini 9 Bahan Berbahaya dalam Skincare yang Perlu Kamu Hindari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan memakai pelembap. (Self)

Ilustrasi perempuan memakai pelembap. (Self)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam hal perawatan kulit atau skincare, penting untuk mengetahui bahan-bahan berbahaya yang perlu dihindari, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif. Beberapa bahan tersebut termasuk merkuri, paraben, wewangian sintetis hingga SLS. Yuk, kita simak pemaparan para dokter kulit terkait sejumlah bahan berbahaya dalam skincare yang perlu dihindari beserta alasannya.

1. Hydroquinone

Dalam sebuah wawancara dengan Hindustan Times Lifestyle, Dr Debeshi Bhattacharjee, Ahli Kosmetologi Klinis, Kepala Medis dan Pendiri Lueur Aesthetics di India, menyoroti bahwa ada bahan berbahaya dalam skincare yang mungkin tidak disadari, seperti bahan pencerah kulit seperti hydroquinone dan krim berbasis steroid, yang seharusnya hanya boleh digunakan dengan resep dokter.

Hydroquinone adalah bahan yang populer dalam produk pencerah kulit, tetapi penggunaan bahan ini dalam jangka panjang dapat menyebabkan penipisan dan sensitivitas kulit. Krim berbasis steroid, bila digunakan tanpa resep, juga bisa menyebabkan masalah serupa," tuturnya seperti dikutip dari Hindustan Times, Selasa, 9 Mei 2023.

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan produk ini hanya di bawah pengawasan medis untuk menghindari efek buruk pada kulit.

2. Merkuri

Pakar perawatan kulit lain menyebutkan bahan berbahaya skincare lain yang perlu diperhatikan adalah merkuri. Beberapa produk perawatan kulit China mungkin mengandung bahan ini, yang dapat menyebabkan sensitivitas kulit dan masalah kesehatan serius lainnya. Untuk menghindari masalah seperti itu, penting untuk selalu memeriksa label apakah ada merkuri atau bahan berbahaya lainnya dan hindari penggunaan produk semacam itu.

3. Silikon dan SLS

Silikon dan Sodium Lauryl Sulfate (SLS) adalah dua bahan berbahaya lain yang perlu dihindari dalam skincare. Silikon dapat menyumbat pori-pori dan mencegah kulit bernapas, sedangkan SLS dapat menghilangkan minyak alami dari kulit, membuatnya kering dan rentan terhadap kerusakan.

Untuk menghindari masalah tersebut, carilah produk yang memiliki kandungan yang lembut dan cocok untuk kulit Anda. Hindari produk dengan konsentrasi silikon dan SLS yang tinggi.

4. Kandungan Alkohol

Dr Debeshi Bhattacharjee menegaskan bahwa dengan memilih produk yang lembut dan bergizi, kita dapat membantu melindungi dan meningkatkan kecantikan alami kulit kita. Dia berkata, “Selain bahan-bahan yang disebutkan di atas, penting juga untuk menghindari produk perawatan kulit berbasis alkohol karena dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan iritasi."

5. Scrub yang Keras

Hindari bahan exfoliant atau scrub yang keras karena bisa menyebabkan robekan mikro pada kulit dan merusak lapisan pelindung kulit.

Baca juga: Do dan Don'ts Perawatan Kulit, Jangan Abaikan Hidrasi dan Pakai Retinol Sesuai Kebutuhan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."