5 Cara Jitu Menonjol dalam Wawancara Perekrutan Massal

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi antre wawancara kerja. shutterstock.com

Ilustrasi antre wawancara kerja. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika sejumlah besar kandidat yang cakap dan efisien berpartisipasi dalam wawancara perekrutan massal untuk sebuah perusahaan, akan sangat sulit untuk menonjol. Membuat kesan abadi di antara lautan kandidat bisa menjadi tugas yang sangat sulit karena Anda perlu melakukan atau mengatakan sesuatu yang luar biasa agar pewawancara dapat mengingat Anda dari wawancara Anda dan akhirnya mempekerjakan Anda. Jika Anda akan mengikuti perekrutan tersebut, berikut beberapa cara jitu untuk menonjol dalam wawancara perekrutan massal.

1. Persiapkan secara Menyeluruh

Lakukan penelitian tentang perusahaan, nilai-nilainya, dan budayanya. Pahami peran yang Anda lamar dan sesuaikan jawaban Anda.

Anda mungkin perlu menunjukkan keahlian dan pengalaman Anda agar selaras dengan persyaratan perusahaan. Melatih pertanyaan wawancara umum dan mempraktikkan tanggapan singkat namun berdampak akan menjadi ide yang bagus.

2. Pancarkan Kualitas Unik Anda

Sorot apa yang membedakan Anda dari kandidat lain. Tekankan pencapaian, keterampilan, atau pengalaman spesifik yang menjadikan Anda aset berharga bagi perusahaan. Baik itu kemampuan kepemimpinan, keterampilan memecahkan masalah, atau kreativitas Anda, pastikan kualitas ini terpancar selama wawancara kerja.

Baca juga: 9 Trik Jitu Wawancara Kerja, Termasuk Jangan Bicara Bertele-tele

3. Tunjukkan Antusiasme dan Semangat

Tunjukkan minat yang tulus pada perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Bersikaplah proaktif dalam mengajukan pertanyaan yang bijaksana tentang organisasi, rencana masa depannya, atau departemen tempat Anda akan bekerja. Dengan melakukan ini, Anda dapat menunjukkan dedikasi dan keinginan untuk berkontribusi pada kesuksesan perusahaan.

4. Berikan Contoh Konkret

Alih-alih membuat pernyataan umum tentang kemampuan Anda, buktikan klaim Anda dengan contoh spesifik. Bagikan contoh di mana Anda berhasil mengatasi tantangan, mencapai tujuan, atau mendemonstrasikan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan. Jika Anda memberikan contoh nyata, mungkin membantu pewawancara melihat potensi Anda.

5. Tunjukkan Kemampuan Beradaptasi dan Fleksibilitas

Dalam lingkungan bisnis yang serba cepat saat ini, kemampuan beradaptasi sangat dihargai. Pamerkan kemampuan Anda untuk menangani perubahan dan tunjukkan fleksibilitas Anda dalam berbagai situasi. Anda juga dapat membagikan contoh saat Anda berhasil beradaptasi dengan teknologi, proses, atau lingkungan kerja baru. Ini akan menekankan kesediaan Anda untuk belajar dan tumbuh.

Pilihan Editor: 8 Bahasa Tubuh saat Wawancara Kerja yang Perlu Kamu Perhatikan

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."