7 Fakta Menarik Kuku yang Perlu Kamu Tahu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi merawat kuku. Freepik.com/Valuavitaly

Ilustrasi merawat kuku. Freepik.com/Valuavitaly

IKLAN

5. Pentingnya Merawat Kuku

Penting untuk merawat kuku Anda karena berbagai alasan. Perawatan kuku yang tepat dapat membantu mempertahankan kekuatannya dan mencegahnya menjadi rapuh atau mudah patah. Menjaga kuku Anda bersih dan terawat juga berkontribusi pada kebersihan secara keseluruhan dan dapat membantu mencegah penumpukan kotoran, bakteri, dan jamur yang dapat menyebabkan infeksi.

“Jika kita tidak berhati-hati, kita dapat berakhir dengan infeksi pada kuku dan kulit di sekitarnya, yang dapat menyebabkan Paronikia, abses, kematian kuku atau Onikolisis, atau juga Distrofi Kuku,” kata Dr. Singh.

6. Cara Merawat Kuku

Berikut beberapa cara merawat dan menjaga kebersihan kuku, seperti yang dibagikan dr. Priya.

1. Jaga kebersihan kuku Anda dengan mencucinya secara teratur dengan sabun lembut dan air.

2. Potong kuku Anda secara teratur, potong lurus dan ratakan ujungnya dengan kikir kuku.

3. Hindari menggigit kuku atau mencungkil kutikula, karena dapat menyebabkan kerusakan dan infeksi.

4. Lembapkan kuku dan kutikula Anda dengan krim tangan atau minyak kutikula yang menutrisi untuk mencegah kekeringan.

5. Gunakan sarung tangan saat melakukan pekerjaan rumah tangga atau aktivitas yang dapat membuat kuku Anda terkena bahan kimia keras atau kelembapan berlebihan.

6. Hindari menggunakan kuku sebagai alat untuk membuka atau mengikis benda, karena dapat menyebabkan kuku melemah atau patah.

7. Berhati-hatilah di salon kuku dan pastikan praktik kebersihan, seperti alat yang disterilkan dan lingkungan yang bersih, diikuti untuk mencegah infeksi.

7. Kuku jadi Sinyal Masalah Kesehatan 

Kuku berfungsi sebagai jendela penyakit sistemik. “Perubahan kuku dapat mengindikasikan kondisi kulit, gangguan metabolisme, dan infeksi. Kuku membantu dalam diagnosis penyakit yang lebih cepat dan dini,” kata Dr. Bharadwaj.

Menurut Dr. Singh, perubahan kuku seperti bubungan putih, titik hitam, garis potong melintang, kuku yang mudah terkelupas, dan pembengkakan kulit di sekitarnya adalah penanda awal penyakit dalam seperti kekurangan nutrisi termasuk seng, besi, kalsium, biotin, biabetes, jantung. Tanda-tanda tersebut tidak boleh dianggap enteng dan konsultasi segera ke dokter kulit untuk pemeriksaan yang tepat dan diagnosis yang cepat.

Pilihan Editor: Kuku Kuning: Pengertian, Penyebab, dan Cara Merawatnya

INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."