7 Fakta Menarik Kuku yang Perlu Kamu Tahu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi merawat kuku. Freepik.com/Valuavitaly

Ilustrasi merawat kuku. Freepik.com/Valuavitaly

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernahkah Anda bertanya-tanya terbuat dari apa kuku Anda, mengapa kuku jari tangan tumbuh lebih cepat daripada kuku kaki, dan apa sebenarnya fungsinya? Jika ya, yuk kita simak jawabannya dan sederet fakta menarik kuku yang perlu kamu tahu.

1. Kuku Terbuat dari Keratin

“Kuku itu keras, penutup pelindung yang terbuat dari protein yang disebut keratin,” kata Dr Swapna Priya, Konsultan Dermatologist CARE Hospitals Hi-Tec City, Hyderabad, India, seperti dilansir dari Indian Express, Senin, 5 Juni 2023.

Dia menambahkan bahwa kuku terdiri dari sel-sel mati yang dikemas rapat. “Kuku terletak di ujung jari tangan dan kaki kita dan berperan dalam melindungi ujung jari kita yang sensitif,” lanjutnya.

2. Kuku Tak Sepenuhnya Sel-sel Mati

Kuku memang terdiri dari sel-sel mati, namun tidak sepenuhnya mati. “Pelat kuku, yang merupakan bagian kuku yang terlihat, dibentuk oleh sel-sel khusus di dasar kuku – dikenal sebagai matriks," jelas Dr. Priya.

Matriks menghasilkan sel-sel baru yang mendorong yang lebih tua ke depan, menyebabkan kuku tumbuh. Saat sel bergerak maju, mereka mengeras dan memadat, membentuk permukaan keras lempeng kuku.

Baca juga: Merawat Kuku Tak Harus Mahal, Ikuti 6 Tips Ini

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."