Curhat Yura Yunita soal Body Shaming yang Dialaminya, Standar Kecantikan Itu Semu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Yura Yunita. Dok. Istimewa

Yura Yunita. Dok. Istimewa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi,Yura Yunita tengah sibuk mempersiapkan konser tunggalnya bertajuk Pertunjukan Tutur Batin. Dalam prosesnya, ia banyak berlatih koregrafi untuk melatih aksi panggungnya nanti. Sayang, ada saja komentar tak menyenangkan terkait tubuhnya atau body shaming yang mampir di laman Instagramnya. 

Alih-alih terpuruk, Yura justru mengunggah video bagian tubuhnya yang kerap dianggap tidak sempurna sebagai wujud penerimaan dirinya. "Kok fokusnya bukan apa yang sedang aku lakukan malah ke ketiak aku, kayak kok enggak mulus, sih," ucap Yura saat menggelar konferensi pers Pertunjukan Tutur Batin, Selasa, 6 Mei 2023.  

Menanggapi hal itu, Yura merasa gemas karena masih banyak membandingkan kondisi kita dengan orang lain dan orang-orang yang terpapar pada beauty standard atau standar kecantikan yang dilihat dari media sosial. "Menurut aku beauty standard itu semu, titik sempurna itu bukan di situ,"ungkapnya . Beruntung Yura memiliki support system yang baik selalu mendukungnya. 

Selain itu, lanjut Yura, ia merasa jika perundungan atau body shaming yang dialaminya malah menjadi berkah.  “Yang membuat saya terharu adalah saya sempat kewalahan, tapi sebagai anugrah malah datang (kemakmuran) dalam hidup saya,” ucapnya berseloroh. 

Pelantun Merakit itu memgaku akan terus menyuarakan rasa kurang percaya dirinya melalui lagu-lagunya yang menurut Yura masih banyak yang merasakan hal yang sama dengannya.

"Saya pikir itu tidak aman (kurang percaya diri) bukan diperjuangkan, tapi, diterima, bukan supaya tidak menjaga diri, tapi berdamai dengan kekurangan," ujar perempuan kelahiran 9 Juni 1991 ini. 

Beberapa waktu sebelumnya, Yura juga pernah menghapus makeup-nya saat manggung. Aksi hapus makeup nya ini disertai dengan pesan mengharukan tentang penerimaan diri sendiri.  

“Terbaik itu bukan berarti harus punya kulit lebih mulus. Terbaik itu bukan berarti yang punya tubuh lebih kurus, tapi aku belajar bahwa yang terbaik itu saat kita bisa nyaman dengan diri dan bisa menerima diri kita seutuhnya apa adanya,” ujar Yura Yunita dalam video yang ia unggah di laman Instagram pribadinya, pada Minggu, 13 November 2022. 

Aksi tersebut ia lakukan saat membawakan lagunya yang berjudul Tutur Batin. Penampilan penyanyi kelahiran 1991 itu diakhiri dengan air mata. Ini bukan pertama kalinya ia menghapus makeupnya diatas panggung. Pada Oktober 2022, ia juga melakukan hal yang serupa. Melalui aksinya tersebut ia ingin memberikan pesan kepada para pendengarnya seperti makna di dalam album “Tutur Batin”.

Salah satu alasannya menghapus makeupnya saat tampil di panggung adalah untuk merayakan satu tahun dari album Tutur Batin. Album yang dirilis pada 22 Oktober 2021 itu merupakan album ketiga Yura. Pada pekan ini akan dibawakan dalam konser tunggal Pertunjukan Tutur Batin yang akan digelar pekan ini dan pekan depan. 

Pilihan Editor:  Fashion Yura Yunita di Pertunjukan Tutur Batin, Kebaya dan Kain jadi Andalan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."