Tips Menjaga Keseimbangan Hidup untuk Generasi Sandwich, Senangkan Diri Sendiri

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi tulang punggung keluarga. Freepik/Lifestylememory

Ilustrasi tulang punggung keluarga. Freepik/Lifestylememory

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta

Tidak diragukan lagi, generasi sandwich mengalami tekanan yang signifikan karena perhatian terus-menerus untuk memenuhi kebutuhan dan harapan ketiga generasi.

Apakah Anda terjebak dalam generasi sandwich, merawat orang tua dan anak-anak? 
Di dunia yang serba cepat saat ini, banyak orang menemukan diri mereka terjebak dalam "generasi sandwich", yang secara bersamaan merawat orang tua mereka yang menua sambil membesarkan anak-anak mereka sendiri. 

Generasi unik ini menghadapi banyak tantangan dalam menemukan keseimbangan antara memenuhi tanggung jawab keluarga mereka dan mempertahankan kesejahteraan pribadi mereka. 

Sebuah studi oleh Pew Research Center menemukan bahwa sekitar satu dari tujuh orang Amerika berusia 40 hingga 60 tahun memberikan bantuan keuangan kepada anak dan orang tua mereka. Hal ini menempatkan tekanan finansial dan emosional yang signifikan pada individu dalam generasi sandwich saat mereka menangani karier, masalah pribadi, dan perencanaan pensiun. Menemukan keseimbangan antara tanggung jawab ini menjadi tantangan yang kompleks, menekankan pentingnya pengelolaan keuangan yang efektif dan dukungan emosional.

Tidak diragukan lagi, generasi sandwich mengalami tekanan yang signifikan karena perhatian terus-menerus untuk memenuhi kebutuhan dan harapan ketiga generasi tersebut. Berjuang untuk keseimbangan saat kerap merasa diabaikan menjadi sangat penting. 

Berikut adalah tip menjaga keseimbangan sebagai generasi sandwich: 

1. Perhatian yang proporsional 

Luangkan waktu, seperti  menunggu untuk menyapa, untuk memeriksa apakah mereka sudah tercukupi kebutuhannya (dan obat-obatan) tepat waktu, dan apakah mereka aman. Baik dengan anak-anak maupun dengan orang tua, ini berhasil. Terkadang, yang mereka inginkan hanyalah mendengar suara Anda meskipun hanya sebentar.

2. Tetapkan rutinitas

Hal-hal kecil seringkali berdampak besar. Makan siang hari Minggu di rumah ibu adalah sesuatu yang saya ikuti dan sekarang anak perempuan saya juga menantikannya. Panggilan yang diantisipasi dari ibu saya tentang apa yang ingin kami miliki, dan memastikan kami mendapatkan tidur siang yang baik untuk mempersiapkan kami untuk minggu depan, dia memberikan segalanya dan menantikan rutinitas. Demikian pula, waktu nonton film Jumat malam dengan gadis-gadis saya tidak bisa dinegosiasikan. Dari memilih film dokumenter atau film hingga menyiapkan popcorn, mereka mengatur semuanya hanya untuk menikmati waktu yang menyenangkan bersama. 

3. Jangan lupa merawat diri sendiri 

 Ya, ada hari cerah dan hari hujan. Ada hari-hari ketika Anda harus merawat orang tua atau anak yang sakit sambil bolak-balik antara pekerjaan dan pekerjaan rumah. Sangat mudah untuk kewalahan. Untuk menghindarinya, luangkan waktu setiap hari, meskipun hanya beberapa menit dan fokus pada perawatan dan pertumbuhan diri. Pengembaliannya akan lebih dari yang Anda bayangkan. 

Pilihan Editor: 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."