6 Tahapan Patah Hati yang Perlu Kamu Ketahui, dari Marah hingga Penerimaan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita patah hati atau putus cinta. Freepik.com

Ilustrasi wanita patah hati atau putus cinta. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Patah hati adalah tahap transisi yang dilalui hidup, seperti halnya transisi apa pun, patah hati juga sulit untuk dilalui. Menyikapi hal tersebut, terapis hubungan asal India, Israa Nasir mengungkapkan meski sulit dan menantang, ada sederet tahapan patah hati yang akan dilalui. Meski mungkin berbeda bagi setiap orang, ada beberapa tahapan yang umum bagi kebanyakan orang seperti berikut ini.

Berikut tahapan yang dilalui saat patah hati.

1. Ketidakpercayaan

Tahap awal dari patah hati termasuk merasa kaget dan tidak percaya bahwa hal itu terjadi.

"Kamu juga merasa terputus dari kenyataan. Namun, untuk melewatinya, perlu mulai membuat jurnal pemikiran kita dan memahami bahwa satu-satunya cara adalah jalan ke depan. Untuk membantu diri kita sendiri, kita juga bisa membuat daftar hal-hal yang tidak berhasil dalam hubungan tersebut," tutur Nasir dikutip dari Hindustan Times, Sabtu, 3 Juni 2023.

2. Kemarahan

Tahap kedua adalah mulai merasakan kemarahan dan kebencian terhadap orang lain. Untuk melewati fase ini, perlu memahami bahwa kemarahan bisa menjadi topeng kesedihan dan kesedihan, dan kita harus menyalurkannya dengan cara yang sehat.

3. Kesepian

Tahapan patah hati selanjutnya adalah pasca ketidakpercayaan dan kemarahan, muncul perasaan sedih dan kesepian. Pada fase ini, kita perlu beralih ke diri kita sendiri dan lebih mencintai diri kita sendiri daripada sebelumnya. Membuat rencana perawatan diri dan cinta diri membantu melewati kesepian.

4. Sabotase Diri

"Di bagian patah hati ini, kadang kita seperti menjangkau mantan atau bahkan terlibat dalam kecanduan atau penggunaan alkohol untuk hiburan. Namun, kita perlu memahami bahwa tidak ada hal baik yang dapat dihasilkan darinya dan kita harus menghentikan diri kita sendiri,"ujarnya.

5. Penerimaan

Pada tahapan ini, kita mulai menerima kebenaran dan melihat kenyataan apa adanya. Ini adalah tahap di mana kita mulai merasakan kedamaian dan menerima kehidupan apa adanya.

6. Bergerak Maju

Tahap terakhir dari patah hati adalah merangkul kehidupan dan melewati kekosongan yang ditinggalkan oleh hubungan lama dan mencari diri kita sendiri lagi.

Pilihan Editor: Cara Luna Maya Atasi Patah Hati, Berdamai dengan Diri Sendiri

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."