Punya Sahabat di Tempat Kerja, Berikut 7 Manfaat dan Risikonya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan dengan sahabatnya di tempat kerja. Foto: Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi perempuan dengan sahabatnya di tempat kerja. Foto: Freepik.com/Jcomp

IKLAN

4. Politik Kantor

Di sisi lain, memiliki sahabat di tempat kerja terkadang dapat menimbulkan persepsi pilih kasih atau bias. Rekan kerja Anda yang lain mungkin merasa dikucilkan atau percaya bahwa promosi diberikan berdasarkan hubungan pribadi, bukan berdasarkan prestasi. Hal ini dapat menciptakan ketegangan dan lingkungan kerja yang negatif.

5. Gosip dan Konflik

Selalu ada risiko terlibat dalam gosip di tempat kerja. Punya sahabat di tempat kerja dapat menyebabkan kesalahpahaman, konflik, atau bahkan merusak reputasi profesional Anda. Menyeimbangkan persahabatan dan profesionalisme dapat menjadi tantangan, dan konflik antara sahabat kerja dapat mempengaruhi hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan.

6. Perspektif dan Kelompok Terbatas

Saat Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda dengan sahabat di tempat kerja, Anda mungkin membatasi interaksi Anda dengan rekan kerja lainnya. Ini dapat menghambat kolaborasi dan keragaman ide di tempat kerja.

Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga keseimbangan antara menjaga hubungan dekat dan terlibat dengan rekan kerja yang lebih luas.

7. Kehilangan Privasi

Salah satu risiko punya sahabat di tempat kerja adalah dapat mengaburkan batas antara kehidupan pribadi dan profesional. Sebagai sesama sahabat, Anda berbagi cerita pribadi yang diinginkan. Hal itu berpotensi membahayakan privasi atau kerahasiaan Anda. Sering kali, yang disebut sahabat di tempat kerja dapat menggunakan percakapan pribadi dengan Anda, melawan Anda jika ada masalah yang muncul dan mereka harus menyelamatkan diri.

Pilihan Editor: Lika-liku Persahabatan Boy William dan Ayu Ting Ting

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."