8 Cara Meningkatkan Komunikasi dengan Pasangan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Jared Sluyter

Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Jared Sluyter

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Komunikasi adalah seni mendengarkan dan menanggapi. Komunikasi juga membentuk salah satu fondasi hubungan yang sehat. Hubungan yang aman dan bahagia didasarkan pada kemampuan untuk mengkomunikasikan berbagai hal, bersikap transparan, dan menemukan cara untuk saling memahami melalui komunikasi yang sehat. Maka dari itu, ada baiknya kita mengetahui cara meningkatkan komunikasi dengan pasangan.

“Kita sering menganggap keterampilan komunikasi sebagai kemampuan berbicara tetapi sebenarnya tidak sama sekali. Ini lebih merupakan kemampuan untuk memikirkan, memproses, memahami, berempati, menjadi hadir dan berikan ruang untuk yang lain dan kemudian berbicara," ujar terapis hubungan Israa Nasir, dikutip dari Hindustan Times, Kamis, 1 Juni 2023.

Komunikasi yang sehat adalah tulang punggung hubungan yang aman, apakah itu persahabatan, di tempat kerja, dengan keluarga Anda atau pasangan romantis, menurut Nasir.

Berikut cara meningkatkan komunikasi dengan pasangan

1. Memahami Perbedaan

Ada kalanya komunikasi membutuhkan kita untuk berbicara untuk diri kita sendiri, sementara di kesempatan lain mengharuskan kita untuk diam dan mendengarkan pasangan. Kita perlu memahami perbedaannya dan memilih apa tindakan kita seharusnya.

2. Penasaran

Ingin tahu tentang orang lain membantu kita dalam mencari untuk memahami mereka, dan itu termasuk salah satu cara berkomunikasi lebih baik dengan pasangan. Ini membantu dalam menciptakan dasar untuk mengikuti komunikasi yang lebih sehat.

3. Mengatur Emosi

Belajar mengatur emosi membantu kita dalam mengendalikan emosi dan tidak terbebani oleh suatu situasi. Ini semakin membantu kita untuk berempati dengan orang lain.

4. Berpikir sebelum Berbicara

Sebelum kita mengeluarkan kata-kata, kita perlu memahami dampak kata-kata kita terhadap orang lain, dan kemudian mengartikulasikan emosi kita sesuai dengan itu.

5. Hindari Berfokus pada Kemenangan

Setiap percakapan bukanlah argumen, dan kita perlu memahaminya. Dorongan untuk memenangkan percakapan menempatkan kita dalam mode menyerang.

6. Biarkan Orang Salah

Terkadang cara yang sehat untuk meninggalkan percakapan adalah berhenti menjelaskan diri kita sendiri dan memberikan kebebasan kepada orang lain tentang hal-hal tentang kita, dengan cara apa pun yang mereka inginkan.

7. Jauhi Gangguan

Saat berkomunikasi dengan pasangan, jangan biarkan gangguan menghalangi, seperti memeriksa telepon atau menonton televisi.

8. Mendengarkan

Masalah kebanyakan orang adalah mereka mendengarkan untuk menanggapi, sebaliknya, kita harus mendengarkan untuk memahami. Itu juga hal penting dalam cara meningkatkan komunikasi dengan pasangan.

Pilihan Editor: 5 Cara Komunikasi ke Pasangan saat Kamu Butuh Waktu Sendiri

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."