5 Cara Komunikasi ke Pasangan saat Kamu Butuh Waktu Sendiri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan kencan. Freepik.com/Nensuria

Ilustrasi pasangan kencan. Freepik.com/Nensuria

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita semua membutuhkan ruang dalam hidup, tetapi banyak pasangan lupa bahwa bahkan dalam suatu hubungan asmara, jarak tertentu, batasan penting untuk individualitas. Bahkan jika salah satu dari kita menginginkannya, kita tidak dapat menjelaskannya kepada pasangan kita bahwa kita memerlukan waktu 'saya' karena takut kita akan menyakiti orang lain jika kita menggunakan kata-kata yang salah. Jika kamu salah satu yang sedang mengalami hal tersebut, berikut cara komunikasi ke pasangan saat kamu butuh waktu sendiri

1. Negosiasikan dan Tetapkan Batasan

Diskusikan dan sepakati durasi dan frekuensi waktu sendirian kamu. Temukan keseimbangan yang sesuai untuk kalian berdua dan pertimbangkan juga kebutuhan pasangan. Beri tahu mereka bahwa kamu akan berkomunikasi dan terhubung kembali dengan mereka setelah waktu untuk diri sendiri.

2. Pilih Waktu dan Tempat yang Tepat

Temukan suasana yang tenang dan nyaman di mana Anda berdua dapat melakukan percakapan terbuka tanpa gangguan atau batasan waktu. Hindari mengangkat topik ketika ketegangan tinggi atau selama pertengkaran. Momen yang tepat sangat penting untuk mengatur nada.

Baca juga: 8 Cara Menghidupkan Kembali Koneksi dengan Pasangan

3. Gunakan Pernyataan "Saya"

Rangkai kebutuhan kamu akan waktu sendiri sebagai preferensi pribadi daripada mengkritik atau menyalahkan pasangan. Misalnya, katakan, "Akhir-akhir ini aku merasa kewalahan dan aku butuh waktu sendirian untuk mengisi ulang tenaga dan berefleksi."

4. Ekspresikan Penghargaan

Akui upaya pasangan Anda dan aspek positif dari hubungan sebelum mendiskusikan kebutuhan kamu akan ruang sendiri. Beri tahu pasangan bahwa keinginan kamu untuk menyendiri bukanlah cerminan ketidakpuasan terhadap mereka atau hubungan, melainkan memberi ruang diri sendiri bertumbuh di aspek lain.

5. Sarankan Kegiatan Alternatif

Tawarkan saran tentang bagaimana pasangan dapat menghabiskan waktu mereka saat kamu menikmati waktu sendiri. Ini bisa menjadi kesempatan bagi dia untuk terlibat dalam hobinya sendiri, menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga, atau melakukan aktivitas yang mereka sukai. Dorong mereka untuk memiliki waktu "saya" juga.

Pilihan Editor: 5 Ciri Pria Baik yang Cocok jadi Pasangan Kamu

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."