7 Gejala Kanker Darah yang Perlu Kamu Ketahui

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi sel kanker. shutterstock.com

Ilustrasi sel kanker. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kanker darah adalah jenis kanker yang dimulai di sumsum tulang, tempat darah diproduksi. Ini memengaruhi cara sel darah Anda berfungsi. Ada tiga jenis utama kanker darah yaitu leukemia, limfoma, myeloma dan pada sebagian besar kanker darah, proses perkembangan sel darah normal terganggu oleh pertumbuhan sel darah abnormal yang tidak terkendali. Gejala kanker darah antara lain demam, menggigil, kelelahan, penurunan berat badan, hingga nyeri sendi.

Deteksi dini dapat membantu pengobatan yang efektif. Kemoterapi, radiasi, transplantasi sel induk, pembedahan, imunoterapi adalah beberapa teknik pengobatan.

"Kanker darah adalah kanker jaringan pembentuk darah, menghambat kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Ini adalah penyakit yang sangat serius dan berpotensi mengancam jiwa yang mengganggu produksi normal dan fungsi sel darah di dalam tubuh," ujar Dr. Niti Krishna Raizada, Direktur Senior Medis – Onkologi dan Haemato-Onkologi, Rumah Sakit Fortis, Bangalore, India, seperti dikutip dari Hindustan Times, Minggu, 28 Mei 2023.

Menurut data GLOBOCAN terbaru, memperkirakan 1,3 juta kasus baru kanker darah dilaporkan di seluruh dunia pada tahun 2020. Maka dari itu, sangat penting untuk waspada dalam mengidentifikasi tanda-tanda peringatan dini kanker darah yang berpotensi menyelamatkan nyawa melalui diagnosis tepat waktu dan intervensi segera.

Berikut gejala kanker darah yang perlu diwaspadai menurut Dr. Raizada.

1. Penurunan Berat Badan yang Tak Dapat Dijelaskan

Penurunan berat badan yang signifikan dan tidak disengaja, terjadi tanpa perubahan diet atau olahraga, dapat menjadi indikasi kanker darah yang mengkhawatirkan. Sangat penting untuk mencari perhatian medis jika Anda mengalami penurunan berat badan yang substansial dan tidak dapat dijelaskan.

2. Ketidaknyamanan Tulang dan Sendi

Nyeri tulang atau persendian yang terus-menerus dan tidak dapat dijelaskan, terutama di punggung atau pinggul, tidak boleh diabaikan. Penting untuk berkonsultasi dengan profesional perawatan kesehatan jika Anda terus mengalami ketidaknyamanan di area ini.

3. Kelelahan yang terus-menerus

Merasa terlalu lelah, lemah, atau lelah secara terus menerus, bahkan setelah istirahat yang cukup, bisa jadi merupakan tanda kanker darah. Sangat penting untuk menganggap serius kelelahan yang terus-menerus, karena ini adalah salah satu tanda peringatan dini yang paling umum.

4. Mudah Memar dan Pendarahan yang Berlebihan

Melihat memar yang muncul tanpa penyebab yang jelas atau mengalami pendarahan berkepanjangan akibat luka kecil dapat mengindikasikan gangguan pembekuan darah, yang berpotensi terkait dengan kanker darah. Jika Anda mengalami memar yang tidak dapat dijelaskan atau pendarahan terus-menerus, mencari evaluasi sangatlah penting.

5. Sesak Napas

Kesulitan bernapas atau mengalami sesak napas saat melakukan aktivitas normal bisa jadi merupakan gejala kanker darah. Jika Anda sering kesulitan mengatur napas atau mengalami ketidaknyamanan dada, penting untuk segera mencari pertolongan medis.

6. Sering Terjadi Infeksi

Kanker darah melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi. Jika Anda sering menghadapi infeksi seperti infeksi saluran pernapasan atau saluran kemih, itu bisa menjadi indikasi kanker darah yang mendasarinya.

7. Pembesaran Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan kelenjar getah bening, terutama di leher, ketiak, atau selangkangan, bisa menjadi gejala kanker darah. Jika Anda mengalami pembengkakan atau nyeri yang terus-menerus di area ini, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan.

"Dengan menyadari gejala kanker darah tersebut, orang dapat mengambil langkah proaktif untuk mencari perhatian medis dan berpotensi menyelamatkan nyawa. Ingat, diagnosis tepat waktu dan pengobatan yang efektif dapat membuat perbedaan besar dalam memerangi kanker darah dan meningkatkan hasil," tegas Dr. Raizada.

Pilihan Editor: Faktor Pemicu Kanker Darah, Termasuk Usia dan Keturunan

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."