6 Cara Mengatasi Rasa Cemburu pada Teman

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan dan temannya. Foto: Freepik.com/Drobotdean

Ilustrasi perempuan dan temannya. Foto: Freepik.com/Drobotdean

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rasa cemburu bisa terjadi dalam hubungan apa pun, termasuk pertemanan. Contohnya, saat teman kamu pergi makan siang atau belanja dengan orang lain, kamu merasa cemburu. Atau saat teman kamu pergi ke tempat favorit kalian berdua bersama teman-teman barunya, kamu merasa ditinggalkan. Perlu kita ingat bersama, baik kamu dan teman kamu punya hak yang sama mengembangkan jejaring dan bertumbuh, bukan? Rasa cemburu pada teman salah satu tantangan yang mungkin dihadapi kala pertemanan menjadi dewasa.

Kita mulai menjalin pertemanan dengan orang lain dengan berbagai tingkat kedekatan. Kita juga menjadi belajar bagaimana menghormati fakta bahwa kita memiliki teman di luar pertemanan kita satu sama lain.

Meski begitu, fakta bahwa ada rasa penasaran apakah salah satu dari kita mungkin lebih dekat dengan orang lain daripada dengan satu sama lain terkadang terasa seperti ancaman yang menakutkan, terutama bagi teman yang mudah cemburu.

Namun, penting untuk dipahami bahwa hubungan dengan teman lainnya tidak mengurangi nilai pertemanan kamu dengan teman yang mudah iri. Kamu tetap harus berusaha untuk memahami rasa cemburu dan iri dari temanmu agar tidak menimbulkan konflik. Berikut adalah beberapa cara mengatasi cemburu pada teman

1. Refleksikan Ekspektasi Kamu

Pertama dan terutama, luangkan waktu sejenak untuk merenungkan ekspektasi yang kamu miliki tentang pertemanan. Pahamilah bahwa setiap orang memiliki kapasitas yang berbeda-beda dalam menjalin hubungan, dan kenyataan ini tidak mencerminkan nilai atau kesukaan terhadap dirimu. Jika teman kamu memiliki pertemanan dekat dengan orang lain, hal ini tidak akan merusak hubungan pertemanan kamu.

Nilailah apakah kamu memberikan tekanan yang tidak semestinya pada dirimu sendiri atau temanmu, dan cobalah untuk mengalihkan fokusmu untuk menghargai kualitas waktu yang kamu habiskan bersama, daripada membandingkannya dengan orang lain.

2. Berkomunikasi secara Terbuka

Komunikasi yang efektif sangat penting dalam hubungan apa pun, termasuk pertemanan. Jika merasa jauh atau kurang terhubung dengan teman kamu, sangat penting untuk mengekspresikan pikiran dan emosi kamu dengan tenang. Lakukan pendekatan percakapan dengan empati dan pengertian, tegaskan keinginan yang besar untuk memperkuat hubungan.

Misalnya, beritahu teman kamu ketika kamu merindukannya. Ambil inisiatif, dan mintalah waktu kepada teman kamu untuk berkumpul atau berbicara di telepon.

Ingat, hanya karena kamu merasa cemburu dengan temanmu yang lain, bukan berarti mereka tahu perasaan kamu. Dialog yang jujur dapat membantu menjembatani kesenjangan dan menumbuhkan hubungan yang lebih dalam di antara kalian berdua.

Baca juga: 5 Penyebab Pertemanan Berubah, Perbedaan Minat hingga Kecemburuan

3. Kembangkan Minat 

Wajar jika kita ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman jika kita merasa tidak yakin dengan kualitas hubungan kita. Selain itu, sama pentingnya untuk mengembangkan minat sendiri dan melakukan kegiatan mandiri. Menekuni hobi, bergabung dengan klub atau komunitas, dan menjelajahi pengalaman baru akan memberi kamu kepuasan pribadi dan memperluas lingkaran sosial kamu.

Dengan memupuk rasa percaya diri dan kebahagiaan kita sendiri, kita tidak akan terlalu bergantung pada satu pertemanan saja untuk mendapatkan kepuasan.

4. Rangkul Nilai dari Pertemanan yang Berbeda

Setiap pertemanan itu unik dan memiliki tujuan yang berbeda dalam hidup kita. Alih-alih melihat hubungan pertemanan dengan teman kamu yang lain sebagai ancaman, terimalah keragaman pertemanan.

Ketahuilah bahwa teman kamu mungkin memiliki kedekatan yang berbeda dengan orang lain berdasarkan kesamaan minat, sejarah, atau kecocokan. Memiliki banyak teman dengan peran yang berbeda adalah hal yang sehat dan normal.

Memahami dan menerima kenyataan ini dapat mengurangi perasaan persaingan dan memungkinkan kamu untuk menghargai hubungan khusus yang kamu miliki dengan temanmu.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."