5 Penyebab Pertemanan Berubah, Perbedaan Minat hingga Kecemburuan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi teman wanita. Unsplash/Trung Thanh

Ilustrasi teman wanita. Unsplash/Trung Thanh

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pertemanan adalah salah satu hubungan terindah di dunia. Kita sering menemukan keluarga di luar rumah. Dari masa sekolah hingga berkarier, teman termasuk salah satu mentor kehidupan yang membuat kita menjadi versi terbaik diri sendiri. Tak cuma itu, mereka juga hadir menjadi "bahu" untuk menangis selama masa-masa sulit, teman mendukung kita. Namun, pertemanan juga bisa berubah seiring berjalannya waktu. Saat kita belajar menavigasi melalui hubungan dan tanggung jawab orang dewasa, kita mengalami banyak perubahan dan pertumbuhan. Karena beberapa pertemanan berubah arah, terkadang kita berhenti menikmati menghabiskan waktu bersama teman-teman tertentu.

“Tidak apa-apa untuk selektif tentang pertemanan kita dan perhatikan bagaimana pengaruhnya terhadap kita,” ungkap Sara Kuburic, terapis, dikutip dari Hindustan Times, pada Sabtu, 22 April 2023.

Sara mengungkapkan lebih lanjut beberapa penyebab pertemanan berubah sehingga kamu tidak lagi menikmati berkumpul dengan teman-teman tertentu

1. Berkutat di Masa Lalu

Teman terus mengingatkan kita akan masa lalu, meski fokus sudah beralih ke masa depan, itu salah satu penyebab pertemanan berubah. Saat kita berubah dan fokus pada masa kini, kita sepertinya kehilangan relevansi dan landasan bersama untuk menjaga persahabatan. Teman terus mengingatkan kita akan masa lalu, meski fokus sudah beralih ke masa depan.

2. Kebutuhan

Beberapa teman menghubungi kita hanya ketika mereka membutuhkan sesuatu. Maka dari itu, kita mulai kehilangan minat dalam pertemanan tersebut.

Baca juga: 6 Tanda Kamu Harus Mengakhiri Pertemanan, Kepercayaan Dikhianati hingga Penuh Drama

3. Kecemburuan

Beberapa teman tampaknya bersukacita atas kesuksesan kita, sementara yang lain cemburu dan egois. Kita pasti menghadapi kedua tipe dalam pertemanan, dan perlahan kehilangan orang-orang itu, karena mereka cenderung menjadi beracun seiring berjalannya waktu.

4. Perbedaan Minat

Kita berteman dengan orang-orang karena minat yang sama. Seiring waktu, ketika minat mulai berbeda, kita kehilangan landasan bersama untuk menjaga pertemanan.

5. Menolak Hal Positif

Saat kita memperkenalkan perubahan dalam dinamika pertemanan, kita menghadapi penolakan dari mereka, meskipun perubahan itu positif dan sehat untuk hubungan tersebut.

Pilihan Editor: 6 Cara Mendapatkan Teman Baru

PINK VILLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."