Alasan Mengapa Tabir Surya Tak Boleh Dipindahkan dari Wadah Aslinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memegang tabir surya. Freepik.com/Lifeforstock

Ilustrasi wanita memegang tabir surya. Freepik.com/Lifeforstock

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaBeauty lovers pasti tahu bahwa salah satu bagian paling menantang saat mengemasi barang bawaan traveling adalah membawa sejumlah produk perawatan kulit atau skincare. Oleh karena itu, mungkin ada beberapa di antara kita memilih menuangkan produk seperti pelembap atau kondisioner ke dalam wadah ukuran travel atau travel size agar tidak melanggar barang bawaan di dalam pesawat. Namun, ada hal penting yang harus kamu ketahui bahwa ada satu produk yang tidak boleh kamu pindahkan dari wadah aslinya, yaitu tabir surya alias sunscreen. Mengapa?

Sebab wadah baru dapat menyebabkan tabir surya terdegradasi, membuatnya kurang efektif, jelas Michelle Wong, ahli kimia kosmetik di Sydney, Australia. Berikut alasan selengkapnya mengapa tabir surya tak disarankan dipindahkan dari wadah aslinya.

1. Dapat Terjadi Reaksi pada Wadah

"Banyak bahan dalam tabir surya adalah pelarut yang baik, sehingga mereka sering dapat bereaksi dengan plastik atau meresap ke dalamnya," kata Dr. Wong  dikutip dari Well+Good, 25 Mei 2023.

Hal itu dapat berdampak pada penyebarannya pada kulit, dan tingkat perlindungan tidak akan sama seperti sebelumnya.

2. Tingkat Perlindungan Berubah

"Wadah tabir surya mungkin dirancang untuk melindungi tabir surya dari udara dan cahaya, jadi wadah baru mungkin tidak berfungsi dengan baik seperti aslinya," kata Dr. Wong.

Cahaya dapat memecah beberapa bahan atau menyebabkan pemisahan emulsi, yang berarti tabir surya mungkin tidak melindungi sebaik yang seharusnya.

3. Berpotensi Tercemarnya Tabir Surya

Membersihkan wadah  dan mensterilkannya dengan air panas  tidak cukup sebagai wadah baru tabir surya. Sebab mikroba apa pun yang ada atau menempel di dalam tersebut juga bisa menurunkan kemanjuran tabir surya. "Serta reaksi potensial dapat mengubah komposisi tabir surya. Menempatkan tabir surya dalam wadah lain dapat memperkenalkan mikroba yang mungkin mencemari tabir surya," pungkas Dr. Wong.

Pilihan Editor: Pentingnya Pakai Tabir Surya di Dalam Ruangan, Ini Penjelasan Dokter Kulit

WIDYA FITRIANINGSIH  | WELL + GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."